Home » Politik » Nasdem Kian Pasti Usung Irianto-Hesmon
Nasdem Kian Pasti Usung Irianto-Hesmon
Rudy Pakaya

Nasdem Kian Pasti Usung Irianto-Hesmon

LUWUK—Isyarat kuat akan mengusung pasangan bakal calon kepala daerah (balonkada) Irianto Malingong dan Hesmon Pandili di Pilkada serentak tahun 2017 kian diperlihatkan DPD Partai Nasdem Banggai Kepulauan (Bangkep).
Ketua DPD Partai Nasdem Bangkep, Rudy Pakaya mengatakan, sejauh ini partainya telah mengantongi hasil survei elektabilitas atau tingkat keterpilihan figur hasil penjaringan. Sebagaimana mekanisme internal partai, survei adalah salah satu faktor paling urgen bagi Nasdem dalam menentukan kandidat usungan.
“Berkas kandidat seluruhnya telah berada di kepengurusan tingkat DPP. DPP juga telah mengantongi data hasil survei, dan hasilnya untuk calon bupati ditempati kader PAN, Irianto Malingong pada posisi teratas, sedangkan Hesmon Pandili (kader Nasdem,red) menempati posisi paling atas sebagai calon wakil bupati,” terang Rudy, Sabtu (18/6).
Dengan demikian, lanjut Rudy, peluang Nasdem mengusung pasangan tersebut kian terbuka. Hanya saja, kata dia, untuk penyampaian resmi yang diperkuat dengan dikeluarkannya SK (surat keputusan) alias rekomendasi DPP akan disampaikan langsung oleh pimpinan wilayah (kepengurusan tingkat provinsi,red).
“Dalam waktu dekat Nasdem sudah akan mengumunkan apa yang tertuang dalam rekomendasi DPP,” tuturnya.
Diketahui, partai pelopor gerakan restorasi tersebut hanya mengoleksi dua kursi di parlemen. Artinya, Nasdem masih membutuhkan  minimal 3 kursi untuk bisa mengusung balonkada. Terkait itu, Rudy menyampaikan, sejauh ini pihaknya telah membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai untuk berkoalisi.
“Mayoritas partai kami bangun komunikasi, hanya saja yang intens itu adalah PAN, PDIP, Demokrat dan PPP,” katanya.
Rudy optimistis ke empat partai tersebut kedepan bisa bersama-sama dalam satu gerbong memenangkan pasangan mantan bupati Bangkep Irianto dan politikus Nasdem Hesmon Pandili.
“Ada beberapa hitung-hitungan politik sehingga kami optimistis. Apa itu? nantilah sudah ada hasilnya baru dibeber,” pungkasnya.(man)

About uman