Home » Banggai Laut » Ubi Banggai Terancam Punah
Ubi Banggai Terancam Punah
Produksi ubi Banggai terus berkurang karena petani terkendala modal. Nampak ubi Banggai yang dipasarkan para petani.

Ubi Banggai Terancam Punah

BANGGAI – Produksi ubi Banggai dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Menurut data Dinas Pertanian, setidaknya ada 30 jenis namun kini varietasnya terus menyusut sehingga tersisa 16 jenis saja.
Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) kabupaten Banggai Laut, Tety Tangahu menyatakan, kendala terbesar yang menghambat perkembangan budidaya ubi Banggai karena petani terkendala modal.
Padahal, kata dia, dalam setiap, produk berbahan dasar ubi Banggai sering ditawarkan ke daerah lain dan rata-rata tertarik akan cita rasanya.
“Karena itu, saya mengajak rekan-rekan instansi lain untuk membangun kerjasama lintas SKPD demi pengembangan komoditi ini,” kata Tety, Jumat (17/6).
Sementara itu, Wakil BupatI Tuty Hamid menegaskan, selain terkendala petani terkendala modal, faktor terbatasnya penerapan teknologi pertanian dan  pemasaran juga menjadi sebab lesunya budidaya ubi Banggai. “Kami menyarankan agar Distanhutbun membuat MoU dengan toko-toko yang ada terkait pemasaran produk,” imbaunya. (sbt)

About uman