Home » Ekonomi » Kinerja Dinkop UKM Disoroti
Kinerja Dinkop UKM Disoroti
Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM dinilai lemah sehingga mengakibatkan macetnya setoran DPE para pemilik kafe di Teluk Lalong.

Kinerja Dinkop UKM Disoroti

LUWUK – Kinerja Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) disoroti. Itu menyusul macetnya setoran dana penguatan ekonomi (DPE) yang dikucurkan untuk pemilik kafe di kawasan Teluk Lalong oleh pemerintah pusat.
Akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Taufik Bidullah menilai, Dinkop UKM dan KUD Melati harus bertanggung jawab atas macetnya setoran ke Kementerian UKM. “Ini terjadi karena pengawasan yang masih lemah,” jelas Taufik, Jumat (17/6).
Menurut Taufik, Dinkop UKM tidak turun mengawasi di lapangan tetapi hanya menunggu laporan saja. Sehingga wajar saja jika pengembalian DPE macet. “Pasti terjadi kesalahan pengelolaan menejemen di KUD Melati,” katanya.
Taufik juga menyoroti para pemilik kafe yang enggan menyetor. “Sama-sama kerja dan sama-sama bertanggung jawab terhadap kelancaran pengembalian DPE tersebut,” tandasnya.
Taufik menegaskan, seharusnya ada sanksi tegs bagi para penunggak setoran. Jika tidak, masalah yang sama akan terjadi lagi. Kalau sudah begitu, ekonomi masyarakat sulit tumbuh. “Hal seperti ini akan terjadi terus menerus,” pungkasnya. (ali)

About uman