Home » Banggai Laut » Perjalanan Dinas di Bappeda Diduga Bermasalah
Perjalanan Dinas di Bappeda Diduga Bermasalah
Tuty Hamid

Perjalanan Dinas di Bappeda Diduga Bermasalah

BANGGAI – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banggai Laut bakal dipelototi. Pasalnya, sejumlah  laporan mengindikasikan semrautnya pengaturan anggaran perjalanan dinas.
Disebutkan dalam pengelolaan kewenangan, Kepala Bappeda Adung Abdurrahman terkesan pilih kasih dan tidak memaksimalkan perangkatnya sesuai tupoksi.
Wakil Bupati Banggai Laut, Tuty Hamid mengemukakan, pihaknya telah menerima masukan baik secara internal maupun dari eksternal Bappeda, bahwa penggunaan perjalanan dinas untuk staf-staf di instansi tersebut tidak terarah sehingga tindak lanjut pengurusan ke tingkat lebih tinggi terancam tidak beres.
“Beberapa bidang yang telah memproses dari awal suatu program. Kemudian ketika hendak dikoordinasikan atau konsultasi ke provinsi atau pusat yang ditunjuk justru staf yang lain. Ini kan nda baik, sebab yang paham urusan itu tentu bidang yang bersangkutan,” tegas Tuty, Kamis (16/6).
Hasil investigasi sementara yang dilakukan koran ini menemukan fakta lain yang lebih parah. Dari beberapa informasi diketahui bahwa diduga terdapat penyalahgunaan anggaran perjalanan dinas di instansi itu.
“Paling sederhana kita lihat sewaktu gelaran Musrenbang Kecamatan beberapa waktu lalu. Anggaran monitoring dan lain-lain di beberapa titik, itu dicairkan sesuai daftar padahal ada beberapa nama yang nyata-nyata tidak berpartisipasi,” ujar salah seorang sumber Luwuk Post.
Beberapa tokoh menyarankan agar Inspektorat menelisik dugaan ini lebih lanjut sebelum jadi temuan dalam pemeriksaan berikut oleh BPK RI. (sbt)

About uman