Home » Banggai Laut » Lelang Proyek Terganjal Pembebasan Lahan
Lelang Proyek Terganjal  Pembebasan Lahan
Pembebasan lahan untu proyek--proyek yang dikelola Dinas PU-Perhubungan belum tuntas. Nampak proyek Akses jalan masuk Pelabuhan Banggai tahun 2015 yang mangkrak karena terkendala pembebasan lahan, Kamis (16/6).

Lelang Proyek Terganjal Pembebasan Lahan

BANGGAI – Masalah yang membelit Dinas PU-Perhubungan kabupaten Banggai Laut bakal semakin panjang. Instansi yang dipimpin Rusli Uda’a itu diketahui ternyata masih menunggak PR (pekerjaan rumah) terkait proses pembebasan lahan untuk sejumlah paket proyek yang akan dikerjakan tahun ini.
Kepala Bidang Jalan dan Jembatan PU-P Balut, Zenit Lembah menyatakan, saat ini setidaknya ada lima paket besar yang terdiri dari pembangunan dan peningkatan jalan  yang masih diperlukan proses pembebasan lahan.
“Kami sudah maksimalkan penyusunan dokumen supaya cepat tayang. Hanya saja saya pribadi juga cukup  khawatir dengan beberapa pekerjaan yang butuh pembebasan lahan,” terang Zenit, Kamis (16/9).
Saat ini, kata Zenit,  pembentukan panitia pembebasan lahan belum final. Sehingga Zenit menyarankan agar panitia diambil dari pejabat yang siap kerja dan posisinya tidak sedang menangani tanggung-jawab kedinasan. “Ini harus segera diurus. Panitianya kalau bisa staf yang berkemampuan dan tidak disibukan dengan pekerjaan lain supaya tidak tumpang tindih,” katanya.
Terpisah, Sekretaris Dinas PU-P, Alimudin mengaku, tak tahu menahu tentang masalah pembebasan lahan. Dia menyatakan sampai saat ini, Rusli Uda’a belum pernah membicarakan persoalan itu bersamanya.
“Saya belum tau itu dan belum mau dilibatkan karena saya lagi bersiap-siap mau urus cuti,” pungkas Alimudin. (sbt)

About uman