Home » Politik » Kristanto Siap Hantar PAN Bangkep di Pilkada
Kristanto Siap Hantar PAN  Bangkep di Pilkada
Kristanto Apit

Kristanto Siap Hantar PAN Bangkep di Pilkada

LUWUK—DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tengah (Sulteng) nampaknya sangat berhati-hati dalam menentukan kader yang akan memimpin kepengurusan partai matahari terbit di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Pasalnya, di tahun 2017 mendatang Bangkep merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak gelombang ke dua.
Karena itu, DPW dibawah kepemimpinan Oskar R Paudi menunjuk Wakil Sekretaris DPW PAN Sulteng, Kristanto Apit sebagai Pelaksana tugas (Plt) PAN Bangkep. “Iya, benar demikian,” aku Kristanto Apit, Kamis (16/6).
Mengapa harus Plt, Kristanto menyampaikan, terdapat beberapa alasan yang menjadi pertimbangan DPW, yakni persiapan partai menghadapi Pilkada, indikasi adanya kubu-kubuan diinternal partai pasca Musda (Musyawarah Daerah), belum adanya mufakat baik antar formatur ditingkat kabupaten maupun stering komite DPW serta beberapa hal lainnya.
“Itu yang kemudian memaksa DPW ekstra hati-hati dalam menentukan pimpinan partai. Jangan karena desakan atau terburu-buru lalu berdampak pada tidak maksimalnya kerja-kerja politik partai menghadapi Pilkada,” ungkap Kris –sapaan akrabnya-.
Bangkep, lanjut Kris, memerlukan perhatian lebih karena masuk salah satu daerah yang melaksanakan Pilkada bersama Kabupaten Buol. “Di Buol juga seperti itu, belum ada pimpinan definitif. Artinya, bisa dibilang ke dua daerah tersebut kondisinya agak emergency, tapi bukan karena adanya konflik atau alasan negatif lainnya,” terang tokoh pemuda Kecamatan Bualemo ini.
Sementara itu, alasan lain yang memaksa DPW harus segera menempatkan Plt adalah untuk menyesuaikan tahapan Pilkada diinternal partai dengan di Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Diketahui, jabatan Kristanto diperkuat dengan dikeluarkannya SK (surat keputusan) tentang Plt PAN Bangkep bernomor: PAN/A/23/Kpts/K-S/191/VI/2016 pada Rabu (15/6) pagi.
“Yang harus segera dilakukan adalah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (balonkada). Selain PAN, di Bangkep seluruh parpol telah menunaikan itu, mengingat tahapan di KPU telah bergulir jadi kami jangan sampai ketinggalan,” tuturnya.
Kapan itu dilakukan, Kris menargetkan paling lambat pekan depan pendaftaran balonkada PAN dibuka. Yang pasti kata dia, kondisi saat ini tidak akan mengancam posisi partainya sebagai partai yang bersyarat mengusung tanpa berkoalisi.
“Tidak akan seperti itu. PAN organisasi besar, penguasa yang harus mengusung dan memenangkan siapa saja kandidatnya. Jadi tahapan diinternal partai harus dilakukan sebagaimana  yang telah ditetapkan,” tegas Kris.
Sampai kapan jabatan itu diemban? Kris belum dapat memastikannya. “Yang jelas DPW tidak vakum dalam melihat konstelasi diinternal PAN Bangkep, ketika kondisinya telah memungkinkan pastilah pimpinan definitif akan di SK-kan, tapi belum untuk saat ini. Dan yang pasti pertimbangan atau alasan DPW bukan karena kepentingan pribadi, itu semua untuk kepentingan pembesaran partai,” katanya.
Dia berjanji, segala agenda partai yang selama ini belum terlaksanakan akan dituntaskan serta memantapkan seluruh infrastruktur partai dan kebutuhan politik demi memaksimalkan kerja politik di Pilkada nanti.
“Harus seperti itu, apapun perintah DPW wajib dilaksanakan. Kalau ada hal yang masih tertunda harus dikejar, sedangkan agenda lainnya harus dilaksanakan. Yang terpenting kesolidan antar kader harus terjaga,” pungkasnya.(man)

About uman