Home » Metro Luwuk » Banyak Puntung Rokok di RTH
Banyak Puntung  Rokok di RTH
Sejumlah warga saat menikmati RTH di Teluk Lalong belum lama ini. Sayangnya banyak yang kurang sadar dengan membuang sampah sembarangan, salah satunya puntung rokok.

Banyak Puntung Rokok di RTH

RUANG Terbukan Hijau (RTH) Lalong. Meskipun pembangunannya belum rampung 100 persen, tapi bagi warga Kabupaten Banggai, utamanya warga kota Luwuk setiap berada di RTH Lalong selalu merasa bangga. Banyak aktivitas yang dilakukan. Setiap sore, anak-anak berlalu dengan menggunakan sepatu roda. Malam hari, pasangan muda mudi, menyusuri setiap sudut sembari bercanda tawa, bahkan ada yang berselfi.
Namun, dibalik keindahan RTH Lalong, tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat dalam kebersihan. Banyak puntung rokok yang hanya dibuang begitu saja. Belum lagi sampah plastik yang berserakan. Kondisi ini sangat mengotori keindahan RTH Lalong. Padahal, taman-taman sementara dalam perawatan. Takutnya, jika puntung rokok dibuang begitu saja, maka akan menganggu perkembangan pohon atau bunga yang ditanam.
Anehnya, tong-tong sampah yang disediakan pemerintah daerah di sekitar RTH Lalong tidak dihiraukan. Warga justru lebih asyik membuang sampah di dalam taman. Kondisi ini menandakan, tingkat kesadaran masyarakat tentang budaya bersih masih minim.
RTH Lalong merupakan ikon Kabupaten Banggai. Sehingga, harus dijaga dan dirawat. Agar tangan-tangan jahil warga yang membuang sampah sembarangan bisa ditekan. Mengingat, Kabupaten Banggai dibawah pimpinan Herwin Yatim dan Mustar Labolo (Winstar) sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan budaya bersih kepada masyarakat. Dengan harapan, pada 2017 mendatang, Luwuk akan meraih kota Adipura. (awi)

About uman