Home » Politik » PDI-P Masih Dua Hati
PDI-P Masih Dua Hati
Suraida Murad

PDI-P Masih Dua Hati

LUWUK– DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Banggai sepertinya masih dua hati untuk mengajukan usulan pengganti antar waktu (PAW) Suraida Murad. Kabar belum siapnya calon PAW, Kartini Akbar juga menjadi faktor tersendiri, sehingga planning politik itu masih mengambang.
Unsur Wakil Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Banggai, Onesimus Djaka yang ditemui Luwuk Post di kantor DPRD Banggai mengatakan, partainya belum merampungkan pembahasan tentang PAW Suraida Murad. “Kami belum finish kan soal itu,” kata Onesimus.
Meski begitu lanjut Staf Ahli Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Banggai ini, Suraida pada dasarnya siap mundur sebagai aleg di DPRD Banggai, dengan dalih telah menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banggai. “Ibu Ida tetap konsisten dengan rencana itu,” ujarnya. Tapi dilain sisi kata dia lagi, calon PAW Kartini Akbar belum siap untuk menjadi aleg PAW di parlemen lalong. “Kartini juga belum siap,” jelas Onesimus.
Mantan aleg DPRD Banggai ini kembali mempertegas bahwa PAW aleg belum menjadi prioritas partai. Itu tercermin dengan belum adanya usulan yang diajukan partai. Soal sorotan ketidak aktifan Suraida di dewan juga disanggah Onesimus.
“Sampai sekarang kita belum mendapat surat dari Badan Kehormatan (BK) DPRD Banggai. Kalau pun surat itu ada, maka benar ibu Ida tak aktif di dewan. Dalam tata tertib di dewan kan jelas, apabila 6 kali berturut-turut tak mengikuti paripurna, maka bisa berkonsekwensi,” jelas Onesimus.
Terkait dengan PAW, kans untuk menggantikan posisi Suraida Murad sebagai anggota Komisi 3 DPRD Banggai ada pada Kartini Akbar. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Banggai hasil pileg 2014, peringkat kedua perolehan suara caleg PDIP di dapil I adalah Kartini Akbar dengan mengoleksi 629 suara.
Angka ini terpaut cukup signifikan dengan raihan Suraida Murad yang mengeloksi 1.811 suara. Sementara dibawah Kartini atau posisi ketiga adalah Winarso Saida dengan 407 suara. Khusus di dapil I, akumulasi suara caleg PDIP sudah termasuk suara partai sebanyak 4.667 suara. (yan)

About uman