Home » Kampus » Mahasiswa Prodi Akuntansi Ujian Proposal
Mahasiswa Prodi Akuntansi Ujian Proposal
Mahasiswa Program Studi Akuntansi (Prodi), Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, tengah menunggu giliran untuk mengikuti ujian proposal, Senin (13/6).

Mahasiswa Prodi Akuntansi Ujian Proposal

LUWUK-Sebanyak 66 mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi (FEKOM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Sabtu (11/6) mulai melakukan ujian proposal sampai dengan, Senin (13/6) kemarin.
Selama tiga hari, sebanyak 22 mahasiswa setiap harinya berkesempatan mengikuti ujian yang digelar di ruang fakultas. Ujian proposal mahasiswa dimulai pukul 10.00 wita, sampai dengan selesai. Sementara setiap mahasiswa rata-ratanya diuji selama 30 menit. “Waktu ujian selama 30 menit itu tidak diatur dalam jadwal. Hanya saja, rata-rata mahasiswa diuji selama itu. Sebenarnya, waktu pengujian mahasiswa tidak terbatas, tergantung dosen yang menguji,” ungkap salah seorang mahasiswa peserta ujian, Salim Hatibi, Senin (13/6).
Dosen penguji dalam ujian proposal mahasiswa ini berjumlah enam orang. Masing-masing tiga dosen penguji asal Makassar yang merupakan dosen linier akuntansi, dan tiga dosen fakultas masing-masing dekan fakultas dan kaprodi.
“Setia penguji memiliki tugas masing masing. Seperti halnya dekan yang adalah pimpinan sidang, serta kaprodi yang ada sekertaris sidang. Sementara yang dosen penguji juga merupakan dosen-dosen pembimbing mahasiswa,” jelasnya.
Menurut Salim, ujian terberat mahasiswa untuk menjadi seorang sarjana bukanlah terdapat di ujian proposal. Namun ada beberapa ujian ke depan yang dinilainya sangat berpengaruh terhadap kualitas sarjana mahasiswa.
“Setelah ini kami masih harus mengikuti serangkaian ujian lagi. Seperti ujian seminar dan skripsi. Kedua ujian itu adalah pembuktian mahasiswa untuk menjadi seorang sarjana. Jika dibandingkan dengan ujian proposal, dua ujian selanjutnya jauh lebih berat. Sebab saat ini mahasiswa bisa jadi diberikan keringanan, sedang di ujian selanjutnya hal itu tidak akan ada,” pungkasnya. (and)

About uman