Home » Politik » LKPJ 2015 dan LKPJ AMJ Tidak Tuntas
LKPJ 2015 dan LKPJ AMJ Tidak Tuntas
Onesimus Djaka

LKPJ 2015 dan LKPJ AMJ Tidak Tuntas

LUWUK– Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2015 dan LPKJ akhir masa jabatan (AMJ) bupati Banggai periode sebelumnya, dianggap tidak tuntas. Sebab, pembahasan pertanggung jawaban hanya dilakukan dalam satu tingkatan. Sedang tingkatan selanjunya, tidak dibahas.
Tidak rampungnya LKPJ 2015 dan LKPJ AMJ lima tahunan bupati periode lalu itu dibenarkan fungsionaris DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Banggai, Onesimus Djaka kepada Luwuk Post, Senin (13/6) kemarin. “Iya, jika mencermati pembahasan di dewan sepertinya tidak tuntas, sementara serah terima bupati telah dilaksanakan,” kata Onesimus.
Staf ahli fraksi PDI-Perjuangan Kabupaten Banggai ini menjelaskan, berdasarkan tata tertib (tatib) dewan pasal 108 ayat 3 dan ayat 4 disebutkan, pembahasan pertanggung jawaban itu dilakukan dalam 2 kali tingkatan.
Mantan aleg DPRD Banggai ini mengurainya, untuk tingkatan pertama agendanya mencakup penyampaian nota keuangan bupati, pandangan umum fraksi, pembentukan panitia khusus (pansus). “Pansus itu yang bertugas membahas jawaban eksekutif atas pandangan akhir fraksi,” kata Onesimus.
Namun yang terjadi lanjut dia, LKPJ 2015 dan LKPJ AMJ lima tahunan hanya sampai pada pembahasan tingkatan I. “Agenda lain yaitu laporan Pansus, pandangan fraksi, permintaan persetujuan dari pimpinan sidang serta sikap akhir bupati tidak ada,” kata Onesimus.
Dengan tidak tuntasnya LKPJ dan AMJ tadi tentu saja kata Onesimus bisa berdampak hukum dan materil. “Karena tidak tuntas, sehingga LKPJ 2015 dan LKPJ AMJ bagi saya tidak transparan,” ujarnya.
Apakah sebelumnya ada langkah yang diambil Fraksi PDIP untuk mempertanyakan adanya agenda pembahasan di dewan yang tak dilaksanakan? Onesimus menjawab, Fraksi PDIP sudah mempertanyakannya, bahkan menunggu adanya rapat paripurna. Namun hingga pergantian pucuk pimpinan di Kabupaten Banggai, LKPJ dan AMJ itu tidak tuntas.
Satu hal dipertegas Onesimus. Ketika kedepan ada konsekwensi tak baik atas LKPJ 2015 dan LKPJ AMJ, maka jangan dijadikan batu sandungan terhadap kepemimpinan baru. Alasan Onesimus, kesalahan itu berada pada pemerintahan sebelumnya. (yan)

About uman