Home » Luwuk Utara-Timur » Pemda Programkan 100 Hari Bebas Sampah
Pemda Programkan 100 Hari Bebas Sampah
Bupati Banggai Ir Herwin Yatim turut serta melakukan aksi bersih-bersih di kelurahan Maahas, Minggu (12/6). Kagiatan sosial ini juga diikuti Wakil Bupati Mustar Labolo, Kabag, pihak Kecamatan dan Kelurahan.

Pemda Programkan 100 Hari Bebas Sampah

LUWUK SELATAN– Pemerintah Daerah (Pemda) terus memperlihatkan keseriusannya dalam membersihkan sampah di Kota Luwuk.
Seperti yang terlihat Minggu (12/6), Bupati Banggai Herwin Yatim, Wakil Bupati Mustar Labolo, sejumlah Kabag, pihak Kecamatan hingga Kelurahan melakukan aksi bersih-bersih di kelurahan Maahas. “Semoga dengan aksi ini akan timbul budaya bersih dari masyarakat, pejabat eselon dan sekolah juga agar malu buang sampah sembarangan,” tutur Mustar Labolo.
Bahkan menurutnya, dalam waktu dekat akan dibuat program 100 hari bebas sampah, mengkampanyekan kesadaran tidak membuang sampah sembarangan serta meminta kelurahan menjadi contoh dalam budaya bersih. “Akan ada bantuan 40 tong sampah dari CSR Garuda yang disebar ke kelurahan,” tambahnya.
Mustar juga meminta Dinas Perumahan dan Tataruang (Petarung) agar lebih cepat mengangkut sampah disetiap harinya. “Kalau perlu jam 5 sampah sudah harus diangkut, dan minta lebih pro aktif, kalau lihat ada sapah dari masyarakat jangan lama biarkan,” terangnya.
Ia pun mengaku, untuk lebih memaksimalkan program tersebut, rencananya Senin (13/6) akan dilakukan rapat yang bertempat di kantor Bupati. “Mari bung rebut kembali Adipura,” tegasnya.
Sementara itu, Pjs Camat Luksel Sofhian Datu Adam mengaku sangat mengapresiasi niatan Wakil Bupati demi menjadikan kota Luwuk lebih bersih lagi. “Ini merupakan gerakan moral menuju prilaku pola hidup sehat, semoga bisa kembali merebut Adipura,” pungkasnya. (ajy)

About uman