Home » Torang p Sekolah » Nilai UN Kabupaten Banggai Menurun
Nilai UN Kabupaten Banggai Menurun
Tasman Malusa

Nilai UN Kabupaten Banggai Menurun

LUWUK –Sabtu (11/6) kemarin, tingkat SMP sederajat melaksanakan pengumuman pelulusan UN. Sayangnya, tahun 2016 ini nilai UN mengalami penurunan dan sementara penyebabnya belum diketahui, pasalnya Disdikbud masih menelusuri apa penyebab menurunnya nilai UN.
Kabid Dikdas, Tasman Malusa, mengatakan untuk tahun ini di Kabupaten Banggai mendapatkan nilai tertinggi dari SMP Negeri 2 Luwuk, mata pelajaran yang tertinggi IPA 92,5 namun untuk tahun ini nilai UN menurun. “Menurunnya nilai UN tidak disalahkan kepada peserta didik ataupun guru, namun akan dikaji dari segi apa sehingga nilai UN menurun, bisa saja peserta didik pada saat UN grogi menghadapi UN, atau bisa juga dari sarana dan prasarana yang menyebabkan turunnya nilai UN,” ungkapnya, Minggu (12/6) via telepon.
Menurunnya nilai UN menurut pihak Disdikbud masih menjadi tanda tanya, apa penyebabnya karena hasil UN masih akan didiaknosis. Jika sakit perut tentunya akan diberikan obat sakit perut bukan obat sakit kepala, sepseri itu yang akan dilakukan pihak Disdikbud terkait turunnya nilai UN yang terjadi di Kabupaten Banggai,” jelasnya lagi.
Setelah nilai UN terakumulasi, Disdikbud akan turun mencari indikasi apa penyebab sehingga terjadinya penurunan. Ini merupakan pekerjaan baru yang harus ditelusuri agar dalam hal ini tidak terulang lagi di tahun yang akan datang.
“Kami dari pihak Disdikbud akan bekerja keras untuk meningkatkan nilai UN di tahun akan datang, namun akan dilihat dari segi mana dan jika diketahui maka itu akan segera dibenahi, agar mutu dan kualitas pendidikan mengalami peningkatan dan bisa bersaing dengan daerah lain,” tutupnya. (tr-52)

About uman