Home » Ekonomi » Juanda Pastikan Tak Ada Permainan Harga
Juanda Pastikan Tak Ada Permainan Harga
Juanda Balahanti

Juanda Pastikan Tak Ada Permainan Harga

LUWUK – Harga sejumlah bahan pokok masih bergejolak. Namun, Badan Ketahanan Pangan mengklaim patokan harga tersebut masih bisa dijangkau masyarakat.
Berdasar pantauan Luwuk Post, kemarin (12/6), untuk harga telur masih dikisaran Rp 45 ribu per rak, kemudian daging ayam Rp 55 ribu per ekor, kemudian gula masih Rp 18 ribu per kilogram. Sedangkan daging sapi masih Rp 120 ribu per kilogram.
Kepala Badan Ketahanan Pangan, Juanda Balahanti menyatakan, naiknya harga gula, telur, daging sapi dan ayam, itu merupakan mekanisme pasar. “Permintaan melonjak karena komuditi ini sebagai bahan dasar pembuatan kue saat Ramadan, kalau dilihat kisaran harganya pun masih terjangkau,” kata Juanda, Jumat (10/6).
Juanda mengatakan, untuk harga daging sapi dan ayam pihaknya telah membahasnya bersama dengan pedagang bahwa tak ada permainan. Kemudian untuk stok masih tercukupi hingga lebaran nanti. “Tidak ada permainan harga lagi, tidak boleh ada lagi mafia yang mempermainkan harga di pasaran,” tegasnya
Lebih lanjut, Juanda menjelaskan, untuk harga cabai dan bawang mengalami penurunan karena sudah memasuki panen di sejumlah wilayah pemasok. “Itu karena sudah panen di beberapa dearah produsen komuditi tersebut,” terangnya.
Juanda juga mengimbau, semua kalangan harus sama-sama mengawasi perdagangan bahan pokok agar tidak terjadi penimbunan yang memicunya naiknya harga.
Sementara itu, Asisten  II Setda Banggai, Sutanto Hambali menyatakan, rapat koordinasi masih akan digelar bersama sejumlah instansi terkait untuk mengevaluasi rencana penekanan harga yang sudah dibahas sebelumnya di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). “Akan ada rapat lagi,” kata Sutanto beberapa waktu lalu. (tr-53/ali)

About uman