Home » Banggai Laut » Dinas PU-P Dinilai Lamban
Dinas PU-P Dinilai Lamban
Sejumlah pihak menilai kinerja dinas PU-Perhubungan Balut lamban. Beberapa paket jalan yang membutuhkan perhatian serius menunggu ditangani.

Dinas PU-P Dinilai Lamban

BANGGAI–Paket proyek yang diprogramkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan (Dinas PU-P) kabupaten Banggai Laut ditengarai bakal menyeberang tahun. Ini terutama untuk paket-paket pekerjaan besar seperti jalan dan jembatan.
Jika menilik jumlah proyek yang mencapai 291 paket mulai dari penunjukan langsung, pengadaan dan paket lelang terbuka di dinas tersebut, terdapat sejumlah paket dengan anggaran miliaran Rupiah.
Untuk pengelolaan pekerjaan sebanyak ini, seyogyanya dinas PU-P telah menuntaskan proses kelengkapan dokumen proyeknya sejak awal sehingga selambat-lambatnya bulan Maret atau awal April, Unit Layanan Pengadaan (ULP) sudah bisa menayangkannya ke laman Sistim Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).
Dengan demikian proses lelang yang memakan waktu satu Bulan ditambah masa sanggah dan penyusunan SPPBJ selama kurang lebih dua pekan maka pekerjaan di lapangan sudah berjalan di pertengahan Juni tahun ini.
“Itu kalau dinas PU-P menargetkan serapan anggaran di atas 70 persen di akhir triwulan III,” ujar sumber di ULP.
Namun keterangan yang diperoleh menyebutkan bahwa paket-paket pekerjaan dinas PU-P baru mulai tayang di ULP, Kamis (9/6) pekan lalu.
Ketua Gapeksindo, Syarifudin Apok menyatakan dari hitung-hitungan yang ada, sudah paling cepat pekerjaan di dinas PU-P Balut baru berjalan di bulan Agustus.
“Dengan sisa waktu yang ada, kontraktor hanya punya waktu empat bulan menyelesaikan pekerjaannya di tahun ini. Itupun kalau tidak ada masalah di proses lelangnya,” kata dia.
Pihak ULP yang dihubungi membenarkan bahwa penayangan paket-paket dinas PU-P baru dimulai.
“Iya, baru mulai tayang hari ini. Sudah dua puluh paket,” ujar Asriantho, salah satu staf ULP, Kamis (9/6).
Mengenai keterlambatan proses tersebut, ULP berkilah bahwa hal itu bukan faktor di internal mereka.
“Kita sudah lama siap. Buktinya dinas-dinas lain yang telah memasukkan dan melengkapi dokumennya langsung kita proses dan sudah tayang,” tutur ketua ULP, Chairudin Hamid, ST.
Bahkan dari beberapa sumber diketahui bahwa ULP telah pernah melayangkan surat ke dinas PU-P terkait percepatan proses lelang.
Kepala dinas PU-P Balut, Rusli Uda’a belum sempat dikonfirmasi karena tidak berada di tempat, namun sejumlah staf instansi itu mengaku bahwa pihaknya agak terlambat melengkapi kelengkapan dokumen proyek. (Sbt)

About uman