Home » Luwuk Utara-Timur » Tetap Bebaskan Lahan di Bantaran Sungai Jole
Tetap Bebaskan Lahan di Bantaran Sungai Jole
Moh Arif

Tetap Bebaskan Lahan di Bantaran Sungai Jole

LUWUK SELATAN-Proses administrasi pembebasan lahan untuk kepentingan umum Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) di bantaran sungai Jole, Kecamatana Luwuk Selatan hingga saat ini belum tuntas.
Kepala Bagian Administrasi Pertanahan, Setda Banggai M Arif menyatakan, meski proses pembebasan lahan telah berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, pihaknya bisa melakukan langgkah konkrit terkait pembayaran ganti rugi bagi warga terkena dampak program tersebut.
“Yang menjadi masalah ialah belum jelasnya dokumen dari pemilik tanah, karena selama ini mereka terima bukanlah dari pemilik asli. Pemilik aslinya bernama Tumbelaka,” tuturnya belum lama ini.
Karena sudah meninggal, langkah yang dilakukan oleh Pemda saat ini ialah berupaya untuk bertemu dengan keluarga dari Tumbelaka yang sudah menetap di Jakarta. “Meski sudah 80 persen tanah di bantaran sudah terjual, tetapi informasi dari cucunya (Tumbelaka) belum terjadi pemisahan tanah,” tambahnya.
Meski demikian, Arif mengaku tetap akan menyelesaikan proses pembebasan tanah tersebut hingga tuntas dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. “Program P2KH tetap berlanjut karena bantaran sungai sudah ditetapkan jadi jalur hijau,” pungkasnya. (Ajy)

About uman