Home » Berita Utama » BI Sediakan Pecahan Uang Senilai Rp 7 Miliar
BI Sediakan Pecahan Uang Senilai Rp 7 Miliar
R. Rijadi

BI Sediakan Pecahan Uang Senilai Rp 7 Miliar

LUWUK–Bank Indonesia (BI) menggelontorkan rupiah ke sejumlah perbankan untuk ditukar masyarakat. Di Kabupaten Banggai, BNI Cabang Luwuk ditunjuk sebagai koordinator program tahunan tersebut.
Kepala Bagian Umum BNI Cabang Luwuk, Muammar menjelaskan, BI menyediakan pecahan uang tersebut untuk kebutuhan masyarakat membayar zakat, infak, dan sedekah. “Tidak elok kalau uang yang dipakai bayar zakat, sedekah, dan infak menggunakan uang yang telah kusam atau sobek,“ ujar Muammar di kantornya, Selasa (7/6).
Muammar memperkirakan, jatah rupiah dari BI untuk Kabupaten Banggai mencapai Rp 7 miliar. Itu akan dikucurkan setelah pihak BI mendatangi BNI Cabang Luwuk. “Untuk BNI pecahan yang paling banyak ditukar Rp 1.000 sampai Rp 20 ribu, terlarisnya Rp 1.000, Rp 2.000 dan Rp 5.000,” papar Muammar.
Menurut Muammar, BNI Cabang Luwuk yang akan membagikan uang dari BI tersebut kepada bank lain di Kota Luwuk. Perhitungan rata-rata setiap bank mendapatkan Rp 580 juta. “Tetapi akan disesuaikan dulu dengan proposal permintaan dari setiap bank itu sendiri,” katanya.
Untuk BNI, Muamnar memperkirakan, ramadan hingga lebaran uang yang akan ditukar ke masyarakat dan nasabah mencapai Rp 700 juta.
Masih di tempat yang sama, Pimpinan BNI Cabang Luwuk,  R. Rijadi memastikan, penukaran uang sudah bisa dilakukan pada minggu kedua Ramadan di seluruh bank di Kota Luwuk. “Orang yang tidak punya rekening Bank pun bisa melakukan penukaran uang,” jelas Rijadi.
Rijadi menambahkan, alangkah baiknya jika penukaran uang dilakukan masyarakat yang telah mengantongi rekening agar bisa langsung dicatat oleh pihak bank. (tr-53)

About uman