Home » Berita Utama » Kodim 1308 LB Limpahkan Kasus Pemukulan Wartawan ke Subdenpom
Kodim 1308 LB Limpahkan Kasus Pemukulan Wartawan ke Subdenpom
Dandim 1308 Luwuk Banggai,Letkol Inf. Sapto Irianto didampingi Komandan Subdenpom VII/2-3 Kapten Cpm Mustamin, dalam konfrensi pers di ruang pertemuan Makodim 1308 Luwuk Banggai, Senin (6/6).

Kodim 1308 LB Limpahkan Kasus Pemukulan Wartawan ke Subdenpom

LUWUK—Kodim 1308 Luwuk Banggai menegaskan komitmen untuk memproses kasus pemukulan wartawan yang dilakukan anggotanya. Senin (6/4) siang kemarin, Dandim 1308 Luwuk Banggai kembali menggelar pertemuan dengan para wartawan di Kota Luwuk. Pertemuan yang digelar di ruang rapat Makodim 1308 Luwuk Banggai itu turut dihadiri oleh Komandan Subdenpom VII/2-3 Kapten Cpm Mustamin.  Kasus pemukulan wartawan Luwuk Post, Asnawi diduga dilakukan oleh oknum anggota TNI, bernama Salim di kafe jie Sabtu (14/5) silam. Pemukulan dilakukan karena yang bersangkutan tidak terima pemberitaan Luwuk Post.
Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letnan Kolonel, Sapto Irianto, menyatakan, mulai Jumat (3/6), proses kasus pemukulan terhadap wartawan sudah dilimpahkan ke Subdenpom VII/2-3 sesuai aturan TNI.”Mulai tanggal 3 itu, (oknum) anggota kami sudah resmi tahanan sementara,” katanya.
Berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kodim 1308 Luwuk Banggai, penahanan sementara terhadap anggotanya dalam rangka penyidikan dilaksanakan selama 20 hari.  “Tapi sebelumnya pun (oknum) anggota sudah kami tahan secara internal dalam rangka penyidikan awal di satuan,” katanya.
Ia berharap informasi tersebut dapat dipublikasikan, bahwa pihaknya benar benar serius memproses kasus yang diduga melibatkan salah satu oknum anggotanya itu.  Sebagaimana komitmen awal menyelesaikan kasus tersebut dalam satu bulan jika tidak ada unsur pidana dan sanksi yang diberikan berupa hukuman disiplin. Namun, karena kasus itu sudah masuk pidana murni sehingga pihaknya melimpahkan ke polisi militer.“Agar penyelesaian kasusnya lebih adil,” tuturnya.
Sementara itu, Komandan Subdenpom VII/2-3, Mustamin, menambahkan, pihaknya sudah menerima pelimpahan kasus pemukulan yang diduga dilakukan oleh Anggota Kodim 1308 Luwuk Banggai, Salim. “Saya sudah menghubungi Direktur Luwuk Post untuk memberitahukan hal ini. Kami juga sudah melayangkan surat panggilan untuk pemeriksaan terhadap Asnawi serta dua wartawan lainnya sebagai saksi yakni Alisan dan Haris,” katanya.
Secara keseluruhan pihaknya akan memeriksa delapan orang. Lima orang dari pihak keluarga Salim. “Kami akan koordinasi terus dengan Pasi Intel. Setelah para saksi diperiksa, kami akan buat panggilan untuk saudara Salim,” katanya. Ia menjelaskan, perpanjangan penahanan sejatinya bisa dilakukan jika kasusnya menemui kendala.“Mudah mudahan tidak lama, semoga bisa tuntas dalam satu bulan kedepan. Kami juga sudah koordinasi dengan pihak polisi untuk visumnya,” jelasnya.
Setelah pemeriksaan kasus tersebut selesai, kasus ini akan dilimpahkan ke Denpom VII-2 Palu untuk kemudian diserahkan ke oditur militer untuk disidangkan di Palu atau Manado. (rdk)

About uman