Home » Berita Utama » Besok, Win-Star Dilantik
Besok, Win-Star Dilantik
Hidayat Lamakarate

Besok, Win-Star Dilantik

LUWUK-Meski dalam beberapa pekan ini pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati Banggai terpilih Herwin Yatim dan Mustar Labolo menjadi polemik. Namun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akhirnya menegaskan pasangan Herwin-Mustar akan dilantik seiring berakhirnya masa jabatan Bupati Banggai Sofhian Mile dan Wakil Bupati Banggai Herwin Yatim yang menjabat periode 2011-2016, 8 Juni 2016 besok.
Staf Ahli Gubernur Sulteng bidang pemerintahan, Hidayat Lamakarate pada Luwuk Post menegaskan, dengan keluarnya surat keputusan pengangkatan Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo masa jabatan 2016-2021, maka Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola atas nama Mendagri  RI Cahyo Kumolo akan melantik dan mengambil sumpah pasangan yang menang pilkada serentak itu. “Selesai sudah polemik pelantikannya. Bupati dan Wakil Bupati Banggai akan dilantik pada 8 Juni 2016,” tandasnya, Senin (6/6).
Mantan pejabat Bupati Balut ini juga menegaskan, pemprov telah melakukan persiapan terkait pelantikan yang akan dilakukan di ruang Pogombo, kantor Gubernur Sulawesi Tengah di Palu. “Salah satu persiapan yang dilakukan adalah Pemprov sudah mengedarkan undangan pelantikannya,” jelasnya.
Terpisah, Kepala Bagian Humas Setda Banggai Soffian  Datu Adam menyatakan, usai pelantikan di Palu, pemda telah menyiapkan sejumlah agenda bagi Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo yang akan dilaksanakan di Luwuk. “Nanti ada acara juga di Luwuk. Salah satunya adalah malam ramah tamah bersama Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo,” tuturnya.
Sementara itu, Jurkam WIN STAR, Irfan Bungadjim kepada Luwuk Post menginformasikan, rencananya sebanyak 300 undangan akan hadir pada pelantikan.
Jumlah undangan itu terbagi, yakni 100 undangan untuk pejabat di Pemprov Sulteng, 100 undangan yang diperuntukkan pada pejabat dilingkup Pemkab Banggai sedang 100 undangan lainnya disiapkan kepada keluarga bupati dan wakil bupati terpilih, sudah termasuk pengurus PDI-Perjuangan dan Demokrat serta para relawan WIN STAR.
Tadi malam, sebanyak 15 kendaraan roda empat telah bertolak dari rumah jabatan (rujab) Wakil Bupati di jalan Urip Sumoharjo Kelurahan Karaton. “Usai salat tarwih rombongan bertolak ke Palu,” kata tim WIN STAR Jamilo.
Apakah dalam rombongan itu sudah termasuk bupati dan wakil bupati terpilih? Jamilo menginformasikan, pak Herwin kata dia, sedang berada di Makassar. Rencananya besok (hari ini) menuju Palu. Sementara Mustar sudah beberapa hari berada di Palu.
Pria berkacamata tebal ini juga mengabarkan, sehari setelah pelantikan atau pada Kamis 9 Juni, dilaksanakan penyambutan Herwin dan Mustar di Bandara Syukuran Aminuddin Amir. “Tarian molabot yang akan menyambut kedua pemimpin wajah baru itu,” kata Jamilo.
Dari bandara, WIN STAR langsung menuju Masjid Agung An-Nur Luwuk. Agendanya, yakni peletakkan batu pertama tambahan bangunan bagian depan di masjid itu. Kegiatan hari itu masih berlanjut dengan buka puasa bersama di rujab Wakil Bupati Banggai. “Sudah ada beberapa tenda yang dibangun di depan rujab. Disitullah pusat kegiatan buka puasa bersama warga,” ujar Jamilo. (bd/yan)

About uman