Home » Berita Utama » Syahrial Berpeluang Jabat PLH Bupati Banggai
Syahrial Berpeluang  Jabat PLH Bupati Banggai
Syahrial Labelo

Syahrial Berpeluang Jabat PLH Bupati Banggai

LUWUK-Sepekan menjelang Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Banggai Sofhian Mile, sejumlah spekulasi merebak terkait jadi tidaknya pelantikan bupati dan wakil bupati Banggai periode 2016-2021, Herwin Yatim-Mustar Labolo pada 9 Juni nanti.
Salah satunya adalah penunjukan Sekkab Banggai Syahrial Labelo sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati Banggai. Penunjukan Syahrial sebagai pelaksana harian Bupati Banggai bertujuan agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Banggai.
“Kalau hanya beberapa hari, Sekdanya (Sekretaris Daerah,red) akan ditunjuk sebagai pelaksana harian supaya tidak terjadi kekosongan jabatan,” ungkap  Staf Ahli Gubernur Sulteng Bidang Pemerintahan, Hidayat Lamakarate pada Luwuk Post, Selasa (31/5).
Pernyataan Hidayat itu sekaligus menepis spekulasi sejumlah kalangan bahwa dirinya didorong Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk menjabat caretaker Bupati Banggai menggantikan Sofhian Mile yang masa jabatannya akan berakhir 8 Juni 2016 mendatang. “Sejauh ini saya tidak melihat akan ada caretaker Bupati Banggai. Yang mungkin terjadi adalah pelaksana harian, kalau pelantikannya tertunda hanya beberapa hari,” tandas pria yang selama dua tahun menjabat Bupati Banggai Laut itu.
Pria yang fasih berbahasa Banggai saat menjabat Bupati Balut ini juga mengungkapkan, ada atau tidaknya pelaksana harian Bupati Banggai bergantung pada surat keputusan (SK) pengangkatan bupati dan wakil bupati terpilih yang ditanda tangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Cahyo Kumolo. Hidayat bahkan sampai harus menunda pembicaraan telepon bersama wartawan Luwuk Post untuk mengkonfirmasi SK tersebut melalui Kepala Biro Otda, Setprov Sulteng. “Tunggu yah, saya tanya kepala biro otda. Nanti saya telpon ulang,” jelas Hidayat.
Tak lama Hidayat mengkonfirmasi dan menegaskan bahwa Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng Dery Djanggola dan Kepala Biro Otda tengah melakukan langkah-langkah untuk percepatan penerbitan SK pengangkatan bupati dan wakil bupati Banggai terpilih. “Besok (hari ini,red) Ibu Sekprov dan Kepala Biro Otda akan ke Jakarta untuk mengurus percepatan penerbitan SK itu. Tujuannya agar pelantikannya bisa seiring dengan berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati periode 2011-2016,” jelasnya.
Seperti diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Banggai periode 2011-2016 akan mengakhiri masa jabatanya pada 8 Juni 2016. Bupati Banggai terpilih Herwin Yatim bahkan telah menegaskan bahwa dirinya dan Mustar Labolo akan dilantik pada 9 Juni 2016. Namun, SK pengangkatan bupati dan wakil bupati Banggai sampai saat ini belum juga keluar. (bd)

About uman