Home » Banggai Laut » Kades Marconi Minta ADD Dipercepat
Kades Marconi Minta ADD Dipercepat
Marconi Sihaka

Kades Marconi Minta ADD Dipercepat

BANGGAI – Akhir semester pertama tahun 2016, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di kabupaten Banggai Laut belum juga turun. Berbagai kalangan mengkhawatirkan kondisi ini bakal berimbas pada terhambatnya penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di tingkat Desa.
Kepala desa Paisumosoni, Marconi Sihaka yang ditemui dikediamannya, Senin (30/5) berharap agar Bupati Wenny Bukamo memberi perhatian khusus terhadap percepatan terkucurnya DD/ADD tahun ini. Pasalnya kata Marconi, jumlah kegiatan dan besaran anggarannya terpaut  jauh sekali daripada DD/ADD yang teralokasi tahun kemarin.
“Kabupaten seharusnya sudah mempertimbangkan bahwa tahun 2016 ini kegiatan Desa lebih banyak. Tidak bisa disamakan dengan tahun sebelumnya,” tukasnya.
Dengan begitu lanjut dia, jika proses pencairan dananya lambat akan berakibat pada kesemrawutan tahapan pengelolaan di tingkat pemerintahan Desa yang bakal membuka ruang penyalah gunaan anggaran atau kealpaan.
“Ini sama dengan kejar tayang. Kami di Desa pasti kelabakan,” tandasnya.
Marconi berharap sikap tegas Bupati untuk mendorong pencairan DD/ADD bagi desa-desa yang telah siap.
“Tidak ada alasan terlambat. Selain SKPD Teknis, ada staf ahli dan pendamping Desa,” tegasnya.
Sebelumnya, Plt. Kepala BPMP-PD, Aswin Musa, SH yang ditemui akhir pekan kemarin mengatakan kelambatan pengucuran DD/ADD tahun ini lebih disebabkan karena belum tuntasnya laporan pertanggung-jawaban (LPJ) penggunaan anggaran DD/ADD tahun 2015 lalu.
“Masih ada beberapa Desa yang belum masuk (LPJ-nya, red),” ujarnya.
Terkait desa-desa yang telah siap dan memenuhi syarat administrasi untuk pencairan berikutnya, Asisten II Sekab Balut ini mengaku tidak akan menunda prosesnya.
“Bagi Desa yang LPJ 2015 telah selesai akan kita proses, sepanjang pemerintah desa bersangkutan telah menyelesaikan draft RKPDes dan R-APBDesnya,” tuntas Aswin. (Sbt)

About uman