Home » Metro Luwuk » Jalan Berlubang tak Kunjung Diperbaiki?
Jalan Berlubang tak Kunjung Diperbaiki?
Salah satu jalan berlubang yang terdapat di jalan Ahmad Yani, Kelurahan Luwuk.

Jalan Berlubang tak Kunjung Diperbaiki?

JALAN berlubang yang terdapat di kota Luwuk makin meresahkan warga. Bagaimana tidak, jalan yang seharusnya sudah diperbaiki pemerintah daerah, justru dibiarkan begitu saja, tanpa ada tindakan yang berarti. Belum lagi kendaraan kontener  mondar mandir dengan muatan, menambah jalan makin rusak parah.
Kondisi jalan seperti ini banyak terlihat di pusat kota Luwuk. Seperti, di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Karaton, jalan Ahmad Yani, jalan MT Haryono, jalan Maleo Kelurahan Luwuk dan lainnya.
Harusnya, Pemerintah daerah jeli melihat persoalan ini. Karena menyangkut keamanan dan kenyamanan warga. Pasalnya, tidak sedikit warga yang mengalami kecelakaan ringan akibat jalan berlubang tersebut.
Beberapa pekan kemarin, sejumlah mahasiswa menggelar aksi demo guna memprotes kondisi jalan yang semakin memprihatinkan. Namun, Pemerintah daerah terkesan cuek dengan tuntutan tersebut. Terbukti, belum juga ada langkah konkrit yang dilakukan pemerintah untuk menjawab keluhan warga. Padahal sudah beberapa kali, pengguna jalan menjadi korban. Seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu, mobil truk terperosok di jalan MT Haryono, tepat di depan pusat perbelanjaan shopping mall Luwuk.
Bukan hanya itu, kondisi drainase di kota Luwuk tidak jauh berbeda dengan jalan berlubang. Drainase tidak bisa lagi menampung air yang mengalir. Sehingga keluar menutupi badan jalan. Kondisi ini terlihat di wilayah Kelurahan Soho dan Bungin Timur. Air yang keluar dari saluran drainase disebabkan kotoran rumah tangga yang menyumbat drainase. Sehingga, air tidak bisa lagi mengalir dengan sempurna.
Tapi di beberapa wilayah, pasir dan kotoran yang ada di drainase sudah dibersihkan oleh warga sekitar. Namun, sisa kotoran tersebut hanya dibiarkan begitu saja di badan jalan.
Nah, butuh peran aktif dari pemerintah untuk melihat persoalan ini. Jangan hanya dilihat, warga membutuhkan wujud nyata. Persoalan jalan dan drainase memang dipandang sebelah mata, tapi persoalan seperti ini yang selalu dirasakan warga. Sehingga pemerintah wajib memperbaikinya. (awi)

About uman