Home » Politik » Bagi Ones, 9 Angka Istimewa
Bagi Ones, 9 Angka Istimewa
Onesimus Djaka

Bagi Ones, 9 Angka Istimewa

LUWUK– Bagi fungsionaris PDIP Kabupaten Banggai, Onesimus Djaka, 9 merupakan angka istimewa. Selain angka satuan tertinggi juga ketika dikalikan dengan angka satuan lainnya, maka indeksnya tetap menjadi 9.
“Filosofinya, 9 adalah angka sempurna,” kata Onesimus Djaka kepada Luwuk Post di kantor DPRD Banggai, Selasa (31/5) kemarin. Mengapa 9 menjadi topik dari Staf Ahli Fraksi PDIP DPRD Banggai ini?
Sekalipun selentingan kabar bahwa pelantikan bupati dan wakil bupati Banggai, Herwin Yatim-Mustar Labolo (WIN STAR) akan molor, bahkan disebut-sebut akan turun carateker atau pelaksana tugas (Plt) Bupati Banggai, namun Onesimus tetap optimistis bahwa kandidatnya pada pilkada 2015 lalu, akan dilantik oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pada tanggal 9 Juni. Makanya bertempat di ruang Fraksi PDIP DPRD Banggai, mantan aleg ini membedah angka 9.
Sekalipun jumlah angka begitu banyak, dan butuh waktu lama untuk menghitungnya, tapi satu kelebihan angka 9, yakni angka satuan tertinggi. Hal lain sambung Onesimus Djaka yang membedakan dengan angka lain, 9 ketika dikalikan dengan angka satuan lain, maka indeksnya tetap 9.  “Jika 9×2 hasilnya 18. Satuan dan puluhan itu ditambahkan akan menjadi 9. Begitu juga 9 x 3 hasilnya 27, bila dijumlahkan 2+7=9. Dan begitu seterusnya hasil dari perkalian kemudian ditambahkan antara angka satuan dan puluhannya, maka indeksnya tetap 9,” jelas Onesimus.
Berangkat dari keistimewaan angka 9 tadi, sehingga Onesimus meyakini angka 9 dapat menjawab kegalauan dari berbagai isu yang menyebut bahwa pelantikan WIN STAR akan molor. Angka 9 ini juga sekaligus menutup proses tahapan pilkada Banggai, yang voting day nya jatuh pada tanggal 9 Desember 2015. “Maka sempurnalah angka itu, sebab agenda negara itu ditutup dengan pelantikan WIN STAR pada tanggal 9 Juni mendatang,” tutur dia. (yan)

About uman