Home » 2016 » June

Monthly Archives: June 2016

Rumah Razak Ludes Terbakar

LUWUK-Nasib naas menimpa Abd Razak, rumah miliknya yang terletak di kelurahan Simpong kompleks pasar, Selasa (28/6) ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa, namun seluruh barangnya tidak ada yang bisa diselamatkan. Peristiwa tersebut terjadi pukul 14.00, saat itu rumah Om Ku sapaan akrab Abd Razak dalam keadaan sepi, hanya seorang anaknya saja yang tengah terleleap. “Om Ku lagi pergi memancing, pekerjaanya ... Read More »

Naskah Akademik Satu Raperda Tuntas

LUWUK-Badan legislasi (Baleg) DPRD Banggai dalam waktu dekat bakal menuntaskan satu rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif terkait perlindungan dan pemberdayaan petani. Mursidin S.Ag, anggota Baleg mengungkapkan salah satu persyaratan dalam pembahasan suatu raperda telah selesai. “Untuk raperda perlindungan dan pemberdayaan petani sudah akan dibahas. Karena sekarang naskah akademik sudah selesai,” pungkasnya, Selasa (28/6). Mursidin menjelaskan naskah akademik yang dibuat oleh ... Read More »

Jadwal Hearing PT Pertamina Usai Lebaran

LUWUK-Meskipun telah terjadi perjanjian antara pihak PT Pertamina EP MGDP dan perwakilan masyarakat pemilik sertifikat yang ditahan perusahaan sejak tahun 2000 silam, DPRD akan tetap menjadwalkan rapat dengar pendapat sesuai surat aduan masyarakat desa Kamiwangi, kecamatan Toili Barat untuk kelanjutan persoalan itu. Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Winancy Ndobe mengungkapkan jadwal pertemuan akan direncanakan setelah lebaran idul fitri. “Akan tetap ... Read More »

Pemerintah Harus Jeli Soal Bantuan

LUWUK– Akademisi sekaligus Rekor Universitas Muhammadiyah Luwuk, Farid Haluti, berpendapat pemerintah harus lebih jeli dalam memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Banggai, agar tidak ada lagi kesalahan pemberian bantuan kepada sekolah-sekolah. Seperti yang terjadi pada beberapa sekolah yang kecewa dengan bantuan yang tidak sesuai harapan. Dengan memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah, pemerintah telah memperlihatkan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan ... Read More »

Tak Ada Sanksi Jika Langgar Aturan

LUWUK – Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) sesuai dengan kalender pendidikan dimulai sejak tanggal 29 hingga 31 Juni 2016, serta sekolah aktif terakhir tanggal 2 Juli, dan KBM kembali dimulai untuk tahun ajaran baru pada tanggal 18 Juli 2016, jika sekolah melanggar aturan tersebut, tidak ada sanksi yang dikenakan. Kabid Dikdas, Tasman Malusa, mengatakan aturan semua berdasarkan kalender pendidikan yang ... Read More »

Besok, Unismuh Mulai Adakan Ujian Semester

LUWUK-Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Kamis (23/6) (Besok,red), sampai dengan tanggal 2 Juli mendatang, akan melaksanakan ujian akhir semester mahasiswa. Seperti sebelum-sebelumnya, ujian kali ini tetap dilakukan secara serentak kepada seluruh fakultas. Wakil Rektor I, Bidang Akademik Unismuh, Muh. Gifari Sono, mengungkapkan waktu pelaksanaan ujian akhir semester mahasiswa ini hanya akan dilakukan pagi, siang, dan sore hari. Sementara ujian malam hari ... Read More »

Hutan Lindung Bangkep Terancam Gundul

SALAKAN—Kerusakan hutan lindung di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) kian parah. Hal itu diakibatkan maraknya aktifitas penebangan liar (ilegal loging) yang dilaporkan terus dilakukan oleh para perambah. Informasi yang dihimpun menyebutkan, hutan lindung di Kecamatan Tinangkung Utara dan Bulagi telah mengalami kerusakan parah akibat tangan jail  penebangan liar. Tak canggung, data yang tersaji menyebutkan, kerusakan di areal hutan lindung telah mencapai ... Read More »

Budaya Tutup Jalan Akan Ditiadakan

LUWUK– Bupati Banggai, Herwin Yatim, dengan tegas menyatakan, budaya demonstrasi dengan menutup jalan akan ditiadakan. Pasalnya, tindakan tersebut dianggap tidak menyelesaikan masalah, justru menambah masalah. Karena sangat menganggu ketertiban umum. Kata dia, langkah ini juga merupakan bagian dari program 100 hari kerja Herwin Yatim dan Mustar Labolo (Winstar). “Kami akan tiadakan demonstrasi dengan tutup jalan,” tegas Herwin, Selasa (21/6). Ia ... Read More »

Dapatkan 1.319 Stasiun Amatir Radio Dunia

LUWUK-Anggota amatir radio yang tergabung dalam tim IOTA (Island On The  Air) Dxpedition di Pulau Labobo Kabupaten Banggai Laut dan Pulau Bangkalan Kabupaten Bangkep berhasil mendapatkan 1.319 stasiun radio amatir dunia dari seluruh benua. “Semua stasiun radio amatir dunia dari seluruh dunia sudah berkomunikasi dengan tim IOTA Dxpedition dengan nama panggilan YB8O,baik melalui CW (morse) RTTY dan SSB (phone),” kata ... Read More »

Kinerja Petugas SE Mengecewakan

LUWUK – Kinerja petugas sensus ekonomi (SE) jauh dari harapan ekspektasi. Sebab, hingga memasuki pekan ketiga Juni SE belum juga rampung. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai Muhamad Said menegaskan, banyak data yang harus dibenahi. Namun, kondisi itu terkendala dengan para petugas SE yang sulit dihubungi meski waktu perbaikan begitu mepet. “Lepas kontrak, hp (handphone, Red) mereka sulit dihubungi,” ... Read More »