Home » Metro Luwuk » Jalan Rusak Pusat Kota Ditangani Darurat
Jalan Rusak Pusat Kota Ditangani Darurat
Hasbullah

Jalan Rusak Pusat Kota Ditangani Darurat

LUWUK– Perasaan dilematis Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Banggai, akhirnya terjawab. Dalam menangani ruas jalan nasional dalam kota Luwuk yang mengalami kerusakan, instansi teknis itu menggunakan konsep penanganan darurat.
Kabid Binamarga Dinas PU Kabupaten Banggai, Hasbullah yang ditemui pada acara peresmian Graha Dongkalan, Rabu (25/5) kemarin mengatakan, sehari setelah pertemuan bersama Komisi 2 DPRD Banggai beserta perwakilan mahasiswa, pihaknya langsung action.
Ruas jalan nasional yang lebih awal diperbaiki kata Hasbullah yang berada di samping Pos Polantas jalan Sultan Hasanuddin Luwuk. “Itu sudah rusak parah. Sehingga kami prioritaskan,” kata Hasbullah.
Karena sifatnya penanganan darurat, sehingga ukuran boks hanya berdiameter 1,1 meter. “Itu idealnya 4 meter. Tapi secara teknis bisa bertahan hingga 2017, mengingat dana peningkatan jalan yang bersumber dari APBN segera cair pada tahun depan,” ujar Hasbullah.
Rencananya, sekitar dua pekan kedepan, jalan berlubang yang berada dipertigaan sekretariat IMM Kabupaten Banggai jalan Ahmad Yani segera diperbaiki. “Kita menunggu dulu kering ditempat satunya. Setelah itu kita pindah di jalan Ahmad Yani,” katanya.
Dalam melakukan penanganan darurat terhadap jalan nasional itu, PU tidak kerja sendiri. Sejumlah pihak juga dilibatkan. Instansi itu adalah Satlantas Polres Banggai, PDAM, PT. Telkom serta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Banggai. “Kita harus alihkan arus lalulintas ketika dilakukan perbaikan,” terang Hasbullah. (yan)

About uman