Home » Torang p Sekolah » Distribusi Guru Belum Merata
Distribusi Guru Belum Merata
Arslan Lapalanti

Distribusi Guru Belum Merata

LUWUK – Pendistribusian tenaga pengajar di Kabupaten Banggai bukan masalah baru, kondisi tersebut sudah berlangsung lama, seperti yang terjadi di SDN Biak Kecamatan Luwuk Utara. Namun, hingga saat ini kekurangan guru di daerah-daerah belum dapat ditangani Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai, meski para pemgambil kebijakan terus berganti.
Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Arslan Lapalanti, menyatakan pihaknya telah menyiapkan solusi dengan memindahkan guru yang berlebihan dari satu sekolah ke sekolah yang mengalami kekurangan, yang penting masih berada dalam satu kecamatan. “Solusi pemindahan sudah pernah kita lakukan, hanya saja hasilnya belum maksimal, persoalan ini sudah seperti penyakit menahun dan butuh komitmen untuk mengobatinya,” ujarnya, Rabu (25/5).
Menurutnya, program pemberian tunjangan profesi terhadap guru sertifikasi, merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Programnya sudah baik, tetapi eksekusinya yang belum maksimal,” ungkapnya.
Arslan berjanji akan membangun dunia pendidikan di Kabupaten Banggai ini dengan cara meningkatkan angka partisipatif sekolah, infrastruktur pendidikan, beasiswa, dan mengubah cara berpikir guru. “Saya pikir, upaya pemerintah sudah cukup, tinggal eksekusi dan komitmen bersama untuk mengatasi persoalan ini,” jelasnya. (tr-52)

About uman