Home » Politik » Bulan Depan, Panitia Pilkades Ikut Bimtek
Bulan Depan, Panitia Pilkades Ikut Bimtek
Yusuf Bidin

Bulan Depan, Panitia Pilkades Ikut Bimtek

LUWUK– Pertengahan Juni mendatang, panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) akan mengikuti bimbingan teknik (bimtek). Diharapkan dengan pembobotan itu, seluruh panitia pilkades mampu menjalankan perannya secara baik.
“Rencananya pada pertengahan bulan puasa, semua panitia pilkades dilatih,” kata Kepala BPMPD Kabupaten Banggai, Yusuf Bidin kepada Luwuk Post, Rabu (25/5) kemarin.
Panitia pilkades dibentuk Badan Perwakilan Desa (BPD). Untuk calonnya, maksimal 5 orang serta minimal 2 orang. Usai rekruitmen, para panitia pilkades akan di SK kan. “Yang pasti panitia pilkades itu berasal dari kalangan netral. Apakah dari unsur pemerintahan desa ataupun tokoh masyarakat di desa itu,” ucap Yusuf.
Kepala BPMPD Kabupaten Banggai belum dapat memastikan kapan pelaksanaan pilkades serentak. Yusuf hanya memprediksi jika bukan bulan Agustus atau bulan September mendatang. “Tapi yang pasti pelaksanaannya ditahun ini. Sebab APBD Banggai telah menganggarkan sebesar Rp1,5 miliar,” kata Yusuf.
Terkait jumlah desa yang nantinya akan melaksanakan pilkada serentak putaran pertama, Yusuf mengestimasi sebanyak 150-an desa di Kabupaten Banggai. Hanya saja jumlah itu bisa bertambah, mengingat hampir 200 desa yang dipimpin carateker. “Aturannya, dibawah empat bulan setelah penetapan Perda, desa yang dipimpin carateker masuk pada pilkades serentak putaran pertama,” ujar Yusuf sembari menginformasikan bahwa pilkades serentak akan dilaksanakan sebanyak tiga tahap selama enam tahun kedepan. (yan)

About uman