Home » Ekonomi » Surplus, Harga Daging Masih Tinggi
Surplus, Harga Daging Masih Tinggi
Harga daging sapi di Kabupaten Banggai masih terbilang mahal meski daerah ini surplus. Nampak pemotongan sapi pada perayaan Idul Adha 2015.

Surplus, Harga Daging Masih Tinggi

LUWUK – Harga daging sapi di Kabupaten Banggai terbilang tinggi. Perbedaan harga dengan pulau Jawa hanya dikisaran Rp 13 ribu per kilogram. Padahal, populasi sapi di daerah ini begitu melimpah ruah hingga wilayah tetangga pun disuplai.
Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, harga daging di Pulau Jawa  hanya Rp 113.140. Sedangkan di Kabupaten Banggai Rp 126.667 per kilogram, harga itu melonjak drastis jika dibandingkan dengan menjelang Ramadan tahun 2015. Saat itu, harga daging di rumah potong hewan (RPH) hanya Rp 110 per kilogram.
Jika mengacu pada tingkat konsumsi, rata-rata daging sapi yang ludes di Kabupaten Banggai hanya 4 sampai 5 ekor saja dalam sehari. Atau 3,07 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan populasi sapi tahun 2014 lalu mencapai 60.626 ekor. Sementara populasi diperkirakan akan meningkat 10 persen setiap tahunnya.
Hanya saja, menjelang Ramadan tahun ini, belum ada langkah kongkret pemerintah daerah (pemda) menekan patokan harga itu. Apalagi, yang terbaru Presiden Joko Widodo menginginkan harga daging sapi bisa turun hingga Rp 80 ribu per kilogram. “”Caranya saya tidak mau tahu. Saya minta sebelum Lebaran harga daging harus di bawah Rp 80.000,” tegas Jokowi dalam acara Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan 2016 yang digelar di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jalan Ring Road Selatan Ngebel, Tamantirto, Bantul, kemarin (23/5).
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banggai menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Peternak (Disnak) dan asosiasi. “Kita akan koordinasi, apakah harga ini bisa ditekan atau tidak,” kata Mulsandi, kemarin (24/5).
Mulsandi mengakui, belum menerima petunjuk tekhnis dari Kementerian Perdagangan mengenai solusi menekan harga daging sapi. “Kami juga akan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengenai cara menekan harga,” jelasnya. (ali)

About uman