Home » Berita Utama » Musdar Siap Jadikan Untika Kampus yang Unggul
Musdar Siap Jadikan Untika Kampus yang Unggul
Rektor Untika, Musdar M. Amin, saat dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Yayasan Pendidikan Tompotika, Sahrial Labelo, Selasa (24/5).

Musdar Siap Jadikan Untika Kampus yang Unggul

LUWUK-Musdar M. Amin akhirnya resmi memangku jabatan rektor Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, periode 2016-2020. Mantan Wakil Bupati Banggai itu dilantik oleh Ketua Yayasan Pendidikan Untika, Sahrial Labelo, di hadapan undangan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan rektor, Selasa (24/5).
Dalam sambutannya, Musdar M. Amin mengajak seluruh undangan untuk turut bersama mendoakan para pahlawan yang telah berhasil mendirikan dan membangun Untika di masa lalu. Menurutnya, dengan menjunjung tinggi nilai tersebut, Untika akan mampu menjadi universitas terbesar di Kabupaten Banggai.
“Pemimpin bijak mengatakan, bangsa yang menghargai dan menghormati para pahlawan dan pejuang kemerdekaan adalah bangsa yang besar. Merekalah yang telah menjaga nilai-nilai kejuangan Untika dalam mencerdaskan masyarakat dan bangsa di daerah ini,” ungkapnya.
Menurutnya, pendidikan tinggi adalah wahana utama dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi menyatakan bahwa salah satu fungsi pendidikan tinggi adalah mengembangkan civitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, serta berdaya saing dan kooperatif melalui pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Sehingga untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi melalui profesional sesuai kualifikasi, kompetensi dan berkualifikasi, serta proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tugas berat dan tantangan yang harus dijawab oleh perguruan tinggi bersama pemerintah, masyarakat, swasta dan seluruh stakeholder.
“Sebagai yang dipercayakan oleh civitas akademika untuk mengemban amanah sebagai Rektor Untika periode 2016-2020, tentu ini adalah amanah yang tidak ringan. Sebab, Untika adalah kampus yang besar dan telah menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Banggai. Olehnya, saya akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan amanah dan tanggung jawab ini sebaik-baiknya. Bersama pimpinan fakultas di lingkungan Untika, dosen, dan karyawan, bertekad untuk bangkit dan menyongsong kembali kejayaan Untika yang pernah diraih,” jelasnya.
Kesediaan para dosen untuk kembali menata, membangun dan mengembangkan Untika, lanjut Musdar, merupakan wujud komitmen bersama untuk bahu membahu dalam menghadapi tantangan dan menjalani perubahan menuju yang lebih baik. “Saya sangat menghargai komitmen yang nanti ditunjukkan dan pada akhirnya dapat melakukan loncatan ke depan untuk menjadi yang terbaik sebagai perguruan tinggi. Saya meyakini, peran pemerintah daerah, DPRD, masyarakat, swasta, dan juga media massa, itu sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, ” pungkasnya.
Sesuai denga visi yang diemban Untika, yakni menjadikan Untika yang unggul dan berkualitas dalam membentuk insan intelektual di kawasan wilayah timur Sulawesi tahun 2025, prioritas utama yang ditentukan Musdar adalah lebih mengangkat citra Untika. Menurutnya, untuk merealisasikan hal itu adalah dengan peningkatan mutu akademik dengan tidak mengabaikan perbaikan sistem manajemen secara menyeluruh, baik di tingkat universitas maupun di fakultas. Ia menyadari, bahwa visi Untika tidak akan terwujud jika sarana penunjang lain masih minim. Sehingga untuk mewujudkan itu, harus direncanakan bersama dengan sebaik-baiknya. “Mengembangkan penelitian dan pengabdian secara interdisiplin dengan menggalang kemitraan dengan institusi penelitian, sektor usaha dan industri, serta menjalin kerja sama yang sinergi antara pemerintah, perguruan tinggi dan dunia usaha, akan meningkatkan mutu lulusan Untika yang mampu menjawab kebutuhan pasar kerja,” jelasnya.
Di akhir sambutan, Musdar mengucapkan terima kasih kepada Rektor Untika Sebelumnya, Marwan Mile, yang telah memimpin Untika selama empat tahun terakhir. Selain itu Musdar juga mengajak seluruh dosen dan karyawan untuk terus bekerja keras dengan ikhlas dan jujur demi menuju cita-cita mencerdaskan bangsa, khususnya masyarakat Kabupaten Banggai. “Saya yakin, jika kita semua bekerja dengan hati yang ikhlas, maka kita akan mampu meraih prestasi yang terbaik,” tutupnya. (and)

About uman