Home » Torang p Sekolah » Alih Status SMA/SMK
Alih Status SMA/SMK
Hamka Puasa

Alih Status SMA/SMK

LUWUK – SMA/SMK dalam waktu dekat ini akan beralih status, segala urusan yang berkaitan dengan SMA/SMK akan dialihkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov), baik pelatihan, mutasi, dan semua hal, akan diurus oleh Pemrov.
Kabid Dikmen, Hamka Puasa, mengatakan peralihan fungsi untuk SMA/SMK ke Pemrov hanya tinggal menunggu waktu. Seperti diketahui, perubahan status ini berdasarkan UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Dengan adanya peralihan ini, kami dari pihak pendidikan menengah merasa bingung mau di kemanakan kantor kita ini,” tuturnya kemarin (24/5).
Dalam UU tersebut dijelaskan apa saja aset dan wewenang yang diambil provinsi dari kabupaten/kota. Aturan tersebut harus dijalankan paling lambat dua tahun setelah peraturan diundangkan.
Aset yang diambil Pemprov adalah aset sekolah jenjang SMA/SMK negeri. Mulai dari bangunan, dokumen sekolah, tanah sekolah, hingga sertifikat yang selama ini menjadi aset kepemilikan Pemkot, akan diambil Pemprov sebelum Januari 2017.
“Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebuyaan kabupaten Banggai sedang mendata aset dan PNS yang berada di SMA/SMK di 23 Kecamatan. Memang masih ada kecamatan yang menolak, tapi karena amanat undang-undang ya harus tetap dilaksanakan,” tutupnya. (tr-52)

About uman