Home » Politik » Herwin tak Jadikan Mustar ‘Ban Serep’
Herwin tak Jadikan  Mustar ‘Ban Serep’
Bupati dan wakil bupati Banggai terpilih, Herwin Yatim dan Mustar Labolo saat diwawancara sejumlah wartawan bertempat di rujab wakil bupati, beberapa waktu lalu.

Herwin tak Jadikan Mustar ‘Ban Serep’

LUWUK—Baik Onesimus Djaka maupun Fuad Muid yakin bupati Banggai terpilih Herwin Yatim tidak akan menjadikan Mustar Labolo sebagai ‘ban serep’, ketika roda pemerintahan resmi dijalankan kedua politisi itu. Apa yang mendasari keyakinan kedua unsur Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Banggai atas persepsi tadi?
Kepada sejumlah wartawan, Sabtu (21/5), keduanya berpendapat, menjabat sebagai Wakil Bupati Banggai, Herwin Yatim tidak mendapat ruang dalam mengambil kebijakan strategis dalam pemerintahan. Malah nilai Onesimus, bukan lagi sekedar ban serep, akan tetapi lebih tetap ban yang tidak terpakai.
“Kalau ban serep, logikanya masih terpakai, ketika salah satu ban bocor. Tapi ini tidak, sama sekali bannya tidak dipakai,” kata Onesimus menggambarkan. Lebih pedas lagi yang diilustrasikan Fuad. “Praktis hanya empat bulan berbulan madu. Tapi selebihnya di madu,” ucapnya.
Bagi Onesimus yang juga diamini Fuad, itu menjadi pengalaman buruk yang dialami Herwin. Makanya jangan heran pada pilkada 2015 lalu, Smile Win jilid II tidak terwujud. Onesimus dan Fuad begitu yakin, pengalaman tak sedap itu tak akan dilakukan Herwin ketika resmi menjadi bupati Banggai terhadap Mustar Labolo.
“Pak Herwin sudah merasakan betapa pahitnya ketika tidak dilibatkan dalam mengambil keputusan. Berangkat dari kondisi itu, kami yakin tidak akan diberlakukan kepada Mustar sebagai pendampingnya selama lima tahun kedepan,” kata keduanya.
Soal persepsi ketika politisi yang menjadi kepala dan wakil kepala daerah, sangat rentan terjadi pecah kongsi, buru-buru ditepis Onesimus dan Fuad. “Kami harap asumsi itu meleset. Karena kami sangat menaruh harapan besar, Win Star tetap harmonis selama mengemban amanah rakyat. Karena perjalanan pemerintahan kedepan menjadi tanggung jawab Win Star. Makanya tetap jaga kekompakan itu,” saran Onesimus dan Fuad. (yan)

About uman