Home » Metro Luwuk » Hunian Hotel Turun 35 Persen
Hunian Hotel Turun 35 Persen
Tingkat hunian pada jasa perhotelan di Kabupaten Banggai masih lesu. Nampak Hotel Estrela yang terletak di Bukit Halimun.

Hunian Hotel Turun 35 Persen

LUWUK – Bisnis perhotelan masih lesuh hingga tahun ini. Kondisi ini merupakan lanjutan dari menurunnya tingkat hunian pada tahun 2015 lalu. Bahkan, diperkirakan belum bisa pulih kembali dalam waktu dekat.
A.R Manager Hotel Estrela, Ramli menyatakan, menurunnya tingkat hunian hotel hingga memasuki semester II tahun ini berkisar 35 persen. “Akhir akhir ini okupansi low semua, low untuk kategori hunian. Jumlah kamar yang terisi berkurang,” ujar Ramli, Kamis (19/5).
Ramli menilai, pelemahan ini tidak terlepas dari anjloknya harga minyak dunia yang terjadi sejak tahun 2014 lalu. Sehingga berbuntut pada jasa perhotelan. Namun, para penyedia jasa masih tetap optimistis kondisi pasar akan terbalik. “Yang paling berasa itu daerah-daerah yang punya potensi migas di Indonesia seperti Kalimantan,” katanya.
Alternatif yang bisa dilakukan, menurut Ramli, pembenahan sisi infrastruktur perhubungan. Kemudian menggenjot kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. “Bandara bisa menunjang sektor pariwisata. Misalnya, daerah kita mau dijadikan pusat kuliner, wisata pantai, atau diving,” jelasnya.
Ramli menambahkan, belanja pemerintah tak berpengaruh terhadap tingkat hunian kendati serapan anggaran dilakukan dengan cepat. Terutama proyek-proyek infrastruktur. “Sejauh ini belum punya kontribusi,” katanya. (ali)

About uman