Home » Torang p Sekolah » 85 Persen PIP Sudah Disalurkan
85 Persen PIP Sudah Disalurkan
Marwah

85 Persen PIP Sudah Disalurkan

LUWUK – Program Indonesia Pintar (PIP) tingkat SMP untuk tahun 2016, sudah 85 persen tersalurkan ke 9415 peserta didik yang ada di Kabupaten Banggai.
Kepala Seksi Pembinaan SMP, Marwah, mengatakan untuk saat PIP sudah mencapai 85 persen, sebagiannya belum memasukkan laporan. PIP berupa bantuan untuk peserta didik dalam memenuhi kebutuhan sekolah, misalnya sepatu, baju seragam, serta alat tulis dan juga tas. “Bantuan yang diberikan untuk peserta didik awalnya BSM, namun saat ini diganti menjadi PIP gunanya agar peserta didik bisa memenuhi kebutuhan sekolah tanpa harus membebani orang tua,” tuturnya Kamis (19/5).
Setiap peserta didik mendapatkan bantuan. Untuk kelas 7 sebanyak 375 ribu rupiah per siswa, sedangkan untuk kelas 8 dan 9 mendapatkan bantuan sebanyak 750 ribu rupiah per siswa setiap setahun sekali dalam dua tahap. Sekarang ini, pencairan baru memasuki tahap pertama, sedang untuk tahap kedua akan dilaksanakan bulan Juni mendatang.
Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan PIP tersebut meliputi surat pertanggungjawaban mutlak yang ditandatangani oleh kepala sekolah, bahwa benar-benar siswa yang mendapatkan bantuan bersekolah ditempat tersebut, dan juga surat kuasa dari orang tua.
Semoga dengan adanya bantuan dari pemerintah, peserta didik yang ada di Kabupaten Banggai tidak putus sekolah dengan alasan tidak adanya biaya. Serta, dengan adanya bantuan tersebut peserta didik lebih giat belajar agar peningkatan mutu dan kualitas yang ada di kabupaten ini bisa meningkat dan bisa bersaing dengan sekolah-sekolah di luar daerah. (tr-52)

About uman