Home » Luwuk Utara-Timur » Warga Minta KUA di Lutar
Warga Minta KUA di Lutar
Yasin Kamaru

Warga Minta KUA di Lutar

LUWUK UTARA-Warga di wilayah Kecamatan Luwuk Utara meminta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banggai membuka Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah tersebut.
Seperti yang diungkapkan sekcam Luwuk Utara Ismed Wardhana. Keberadaan KUA di wilayahnya bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan administrasi.
“Pertimbangannya jarak terlalu jauh bila berurusan di Luwuk. Sudah sangat dibutuhkan, sehingga perlu disediakan lokasi. Kendalanya peyediaan lokasinya belum dianggarkan, ” ujarnya, Senin (16/5).
Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam, Kemenag Yasin Kamaru menyatakan, pembangunan KUA Luwuk Utara telah lama direncanakan.
“Sudah lama dipikirkan namun kita menilai belum prioritas masih ada wilayah lain yang sangat membutuhkan, yakni Kecamatan Moilong. Ada indikatornya misalnya banyaknya pasangan yang menikah setiap bulan, banyaknya penduduk dan juga jumlah rumah ibadah,” ujarnya, Selasa (17/5)
Sampai saat ini Kemenag telah membangun kantor urusan agama di 14 kecamatan. Yang terakhir adalah KUA Simpang Raya yang sudah mendesak untuk dibangun. Selanjutnya, Kemenag akan merencanakan membangun kantor urusan agama di 9 kecamatan termasuk di Kecamatan Luwuk Utara.
Yasin menandaskan, untuk membangun sebuah kantor urusan agama, Kemenag tidak akan membangun di atas tanah wakaf atau pemberian harta berlandaskan konsep sedekah.
“Salah satu contoh adalah pembangun KUA, lahanya harus murni tanah pemerintah bukan dari tanah wakaf. Kalau pun bisa kecuali ada penyerahan langsung masyarakat ke Kantor Kemenag,” pungkasnya. (ajy)

About uman