Home » Politik » Gugatan PTUN, Hasrin Salah Alamat
Gugatan PTUN, Hasrin Salah Alamat
Abdi Sahido

Gugatan PTUN, Hasrin Salah Alamat

LUWUK– Upaya hukum Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Palu yang ditempuh Pokja Sultim yang diketuai Hasrin Rahim disebut salah alamat. Diyakini gugatan tersebut bakal ditolak.
Fungsionaris Partai Golkar, Abdi Sahido kepada Luwuk Post, Selasa (17/5) kemarin mengatakan, apa yang menjadi dalil gugatan Hasrin cs terkait tidak aspiratifnya DPRD Sulteng dalam rangka menindak lanjuti perjuangan Sultim. Obyek gugatan sambung Abdi merupakan ranah etik. Artinya, jika benar DPRD Sulteng dinilai tidak mengakomodir apa yang menjadi aspirasi pembentukan Sultim, maka aduannya masuk pada badan kehormatan (BK) DPRD Sulteng dan bukan PTUN.
Abdi menjelaskan, perlu diketahui bahwa PTUN berwenang mengadili dan memutus perkara yang berkaitan dengan administrasi. Yang digugat harus ada surat keputusan yang sebelumnya dikeluarkan lembaga atau pejabat pemerintah yang dianggap cacat hukum administrasi.
Semisal sebut Abdi, ada surat keputusan yang dikeluarkan dan dianggap tidak prosedural atau ada data administrasi dan data lapangan yang tidak bersesuaian. Nah, sekarang tanya Abdi, surat keputusan apa yang dikeluarkan DPRD Sulteng yang kemudian dinilai oleh Hasrin sebagai cacat hukum administrasi? “Kan tidak ada surat keputusan itu,” sergah Abdi.
Dasar inilah tekan Abdi sehingga apa yang menjadi dalil gugatan Hasrin pada PTUN salah alamat. Dan sudah barang tentu berkonsekwensi gugatan itu bakal mentah. “Sebaiknya ke BK DPRD Sulteng saja dan bukan pada PTUN,” ucap Abdi. (yan)

About uman