Home » Metro Luwuk » Sekretaris TKBM Teluk Lalong Bersuara
Sekretaris TKBM Teluk Lalong Bersuara
Rudi Harun

Sekretaris TKBM Teluk Lalong Bersuara

LUWUK– Sebelumnya jabatan sekretaris tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Teluk Lalong jadi ‘sansak’ kritikkan belasan anggota, kini pemilik jabatan itu, Rudi Harun angkat suara. Ditemui Luwuk Post, Kamis (12/5) kemarin, Rudi mengklarifikasinya.
Keliru kata dia jika disebut Wakil Sekretaris secara otomatis mengisi jabatan Sekretaris yang lowong. “Dalam anggaran dasar TKBM tidak mengenal yang namanya eksoposio, sebagaimana berlaku pada organisasi lainnya,” kata Rudi.
Berdasarkan undang-undang Koperasi lanjut Rudi, pengurus wajib mengangkat jabatan Sekretaris, apabila pengurus tersebut mundur dan berhalangan tetap atau meninggal dunia. “Pengurus dapat menunjuk pengganti sementara dan pengesahannya pada rapat anggota tahunan (RAT). Dan itu dilakukan TKBM Teluk Lalong,” ucap Rudi.
Klaim belasan anggota TKBM bahwa pengangkatannya illegal, lantaran tidak dirapatkan juga disanggahnya. Proses legitimasi sebagai sekretaris kata Rudi didasarkan lewat rapat pengurus. Dan hasilnya adalah SK nomor 01/KOP-TKBM/TL-PLWK-16/16, tertanggal 11 April 2016. Dan SK itu ditanda-tangani oleh Ketua TKBM Teluk Lalong Rasyid Diko sebagai pimpinan rapat serta Hasman sebagai sekretaris rapat. “Jadi sangat tidak berdasar dan tendensius jika jabatan sekretaris dianggap inprosedural,” ucap Rudi. (yan)

About uman