Home » Politik » Masalah TKBM Lalong bukan Tupoksi Komisi 3
Masalah TKBM Lalong bukan Tupoksi Komisi 3
Sarifudin Tjatjo

Masalah TKBM Lalong bukan Tupoksi Komisi 3

LUWUK– Dalam menangani aduan para anggota Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Teluk Lalong, hampir dipastikan pada hearing Senin pekan depan, tidak akan melibatkan lintas komisi (Komisi 1, 2 dan 3). Pasalnya, substansi aduan tidak mengarah pada tupoksi komisi 3.
Pendapat itu diamini Ketua Komisi 3 DPRD Banggai, Saripudin Tjatjo yang ditemui, Kamis (12/5) kemarin. Dikatakannya, jika melihat obyek aduan anggota TKBM yang sehari sebelumnya dimasukkan ke dewan, tidak mengarah pada peran Komisi 3. Sehingga memungkinkan hearing nantinya tidak melibatkan lintas komisi.
“Tidak konek dengan peran kami. Kalau saja yang dikeluhkan menyangkut kebijakan keuangan yang bersumber dari APBD terhadap koperasi itu, maka disitu letak koneksitasnya dengan komisi kami,” kata aleg yang biasa dipanggil Om Arif ini.
Namun demikian ketidak terlibatan komisi ‘pemburu PAD’ itu belum menjadi harga mati. Ruang keterlibatan masih terbuka. “Kita lihat saja perkembangan nantinya. Kalau memang peran kami dibutuhkan, maka Komisi 3 siap untuk menyikapi aduan itu,” kata Ketua Harian DPD Partai Golkar Banggai ini.
Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Winancy Ndobe sepakat dengan komentar Arif Tjatjo. Bahkan saran dia, sebaiknya yang menangani problem itu adalah Komisi 2. “Substansi aduannya kan soal koperasi. Komisi 2 yang lebih berkompoten,” ucap aleg Gerindra ini. Akan tetapi tambah Winancy, ketika mengaitkan dengan persoalan tenaga kerja, maka Komisi 1 harus punya andil didalamnya. (yan)

About uman