Home » Kampus » Untika Masih Milik Pemda
Untika Masih Milik Pemda
Isnanto Bidja

Untika Masih Milik Pemda

LUWUK-Wacana pengalihan kepemilikan Yayasan Pendidikan Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, dari Pemerintah Daerah (Pemda) ke perseorangan dibantah tegas oleh Dekan Fakultas Hukum (FAKUM), Isnanto Bidja.
Berkembangnya isu pengalihan tersebut, dinilai akan menimbulkan pandangan lain di mata masyarakat Kabupaten Banggai. Sehingga perlu ada klarifikasi untuk merubah pandangan tersebut.
Sebagai salah seorang yang terlibat dalam kepengurusan akta notaris yayasan, status kepemilikan kampus yang beralamat di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Karaton itu, sampai saat ini masih dimiliki Pemda, dalam hal ini Bupati Banggai sebagai Badan Pendiri. Hanya saja, organ yayasan telah dirubah sesuai dengan akta notaris yang disahkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).
“Inilah yang harus dipertegas. agar masyarakat Kabupaten Banggai tidak terlalu menanggapi isu yang tidak benar. Sebenarnya, yang dirubah itu organ yayasannya saja. Ketua yayasan yang awalnya menyebut jabatan Sekertaris Kabupaten (Sekab), saat ini menjadi nama pribadi. Begitu juga dengan sekertaris, bendahara dan badan pengawas yayasan,” jelasnya, Rabu (11/5).
Badan pendiri, lanjut Isnanto, memiliki wewenang menunjuk siapapun yang dikehendakinya untuk menjadi ketua, sekertaris, bendahara, dan badan pengawas yayasan, untuk mengelola yayasan pendidikan Untika. Namun penunjukan tersebut tidak lagi mengunakan unsur jabatan melainkan nama perseorangan.
“Ketentuan itu juga akan berlanjut pada bupati terpilih sebagai badan pendiri kedepan. Jika ingin mengganti ketua yayasan yang baru, badan pendiri tinggal merubah akta notaris sesuai dengan nama yang ditunjuk menjadi pengelola dan pengawas yayasan,” pungkasnya. (and)

About uman