Home » Metro Luwuk » Trotoar Baru Dipasang Plang
Trotoar Baru Dipasang Plang
Trotoar baru di tugu Maleo akhirnya dipasang plang. Karena sering rusak akibat dinaiki mobil kontener, Rabu (11/5).

Trotoar Baru Dipasang Plang

LUWUK– Trotoar baru yang terdapat di Tugu Maleo, Kelurahan Karaton, akhirnya dipasang plang. Pemasangan ini untuk melindungi trotoar yang sering mengalami kerusakan akibat mobil kontener yang sering mondar-mandir di lokasi tersebut. Alhasil, trotoar tersebut sering retak akibat dinaiki ban mobil yang sarat muatan.
Seorang warga setempat, Amran, menyatakan, pemasangan plang itu sangat melindungi trotoar. Sebab, pihak kontraktor sering memperbaiki, tapi tetap saja rusak.
“Katanya perbaikan trotoar itu masih tanggung jawab kontraktor. Karena masih dalam perawatan. Kalau begini terus kontraktor rugi, karena pasti akan rusak selama mobil kontener masih melintas. Makanya dipasanglah plang,” katanya, Rabu (11/5).
Selain merusak trotoar, kata dia, mobil kontener juga bisa mengancam keselamatan pengguna jalan. Harusnya ada jalur yang jelas untuk mobil kontener.
“Bisa saja trotoar yang lain rusak. Mobil kontener itu panjang, bayangkan saja kalau sedang belok, pasti ban mobil naik diatas trotoar. Yang paling ditakutkan lagi, mobil kontener bisa mengancam keselamatan warga,” tuturnya.
Sebelumnya, Dinas Perumahan Tata kota dan Ruang (Dispetarung) Kabupaten Banggai, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek trotoar tersebut, Rodrigo, menyatakan, pihak kontraktor selalu mengeluh dengan kondisi seperti itu. Sebab, setiap saat kontraktor terus disemprot oleh publik, karena dianggap kerja tidak bagus. Padahal, itu bukan kesalahan kontraktor, melainkan mobil kontener.
Dengan demikian, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) untuk mengatur jalur yang tepat bagi mobil kontener. Agar tidak merugikan kontraktor dan masyarakat. “Kashian kontraktor, selalu disalahkan. Apalagi masih tahap pemeliharaan. Intinya, kami akan terus koordinasi,” tandas Rodrigo. (awi)

About uman