Home » Banggai Laut » BPMPD Desak Kades Setor LPJ
BPMPD Desak Kades Setor LPJ
Aswin Musa

BPMPD Desak Kades Setor LPJ

BANGGAI–Aparat pemerintah desa diminta untuk  menyelesaikan laporan pertanggung-jawaban (LPJ) terkait penggunaan anggaran desa yang telah digunakan. “Harus dipercepat sebab ini berhubungan dengan pencairan berikutnya. Kalau dana desa tidak cair maka rencana pembangunan desa bersangkutan turut terhambat, akibatnya masyarakat juga yang rugi,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) kepala BPMP-PD Kabupaten Banggai Laut, Aswin Musa. Seperti diketahui sampai saat ini masih ada sejumlah desa yang belum memasukkan LPJ realisasi dana desa tahun 2015. Padahal, persiapan untuk pencairan dana desa tahun anggaran 2016 ini telah siap.
Aswin mengakui, keterlambatan pemasukan LPJ terkait dengan masih lemahnya aparat desa dalam menyusun administrasi dan pelaporan.
“Bisa jadi seperti itu. Soalnya, banyak sekali laporan yang harus dibuat. Selain ADD dan DD mereka juga menerima hibah daerah, bantuan dana dekon provinsi serta beberapa anggaran lain dari SKPD. Semua ini membutuhkan laporan, sementara personil dan kualitas SDM Desa masih terbatas,” tuturnya. (sbt)

About uman