Home » Politik » Bali Mang Layak Gantikan Ponulele
Bali Mang Layak Gantikan Ponulele
Samsulbahri Mang

Bali Mang Layak Gantikan Ponulele

LUWUK—Meski musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) DPP Partai Golkar baru akan dilaksanakan 15 sampai 17 Mei mendatang, namun calon pengganti Aminuddin Ponulele sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Sulteng sudah terwacanakan.
Tak hanya sederet elit beringin di Kota Palu yang disebut-sebut akan bertarung pada perhelatan itu. Sejumlah kader daerah juga mulai santer dibahas. Salah satu yang dianggap ideal meramaikan bursa itu adalah Samsulbahri Mang.
“Pak Bali Mang (sapaan akrab Samsulbahri Mang) layak maju dalam kompetisi itu,” ucap salah seorang kader Golkar yang meminta identitasnya tak disebut, kepada Luwuk Post, Rabu (11/5).
Hal itu menyusul mencuatnya kabar di Musda nanti Ponulele dipastikan tak maju. Sebab politisi senior berambut putih ini sudah tiga periode memimpin Partai Golkar Sulteng. Ini menjadi ruang sehingga muncul sederet nama yang bakal menggantikan posisi strategis itu.
Kader Golkar Banggai menilai, kans Ketua DPD II Golkar Banggai, Bali Mang cukup besar merebut kursi nomor satu diinternal partai beringin rindang Sulteng. Salah satu hitungan politiknya, karena Bali Mang merupakan salah satu kader emas Ponulele yang ada di daerah.
“Pak Bali adalah kader pak Prof (sapaan akrab Aminuddin Ponulele). Bisa saja tongkat estafet itu diwariskan kepada yuniornya,” nilai sumber.
Bicara soal kader daerah lanjut dia, tak kalah kualitas dengan kader yang berada di ibukota Sulteng. Dan itu sudah dapat dibuktikkan oleh kader partai politik lain, dimana mantan ketua di kabupaten mampu merebut tampuk pimpinan di provinsi. Bali Mang sambung sumber memiliki peluang menggantikan posisi Aminuddin Ponulele. Di Kota Palu sendiri beberapa nama diprediksi akan tampil sebagai calon Ketua DPD Partai Golkar Sulteng. Mereka adalah Rusdi Mastura dan Arus Abdul Karim. Selain dua nama tadi, beberapa kader daerah juga tak mau ketinggalan. Sebut saja Irwan Lapata yang kini menjabat Bupati Sigi, Risa Incenae Ketua DPD Golkar sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Sigi serta Damsik Ladjalani mantan Bupati Touna dua periode dan kini masih menjabat sebagai ketua Golkar di wilayah itu.
Nama Bali Mang juga masuk dalam bursa tersebut. Hanya saja wacana itu ditanggapi dingin Bali Mang yang juga Ketua DPRD Banggai itu. Dicoba dikonfirmasi via hand phone pada nomor 08234922xxxx, ia enggan meladeni pertanyaan itu. (yan)

About uman