Home » Politik » KPU Respon Wacana Penambahan Kursi
KPU Respon Wacana Penambahan Kursi
Teguh Yuwono

KPU Respon Wacana Penambahan Kursi

LUWUK—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai merespon wacana penambahan kuota kursi di parlemen teluk Lalong. KPU bahkan sepakat jika jumlah penduduk Kabupaten Banggai mencapai 400 ribu jiwa secara otomatis berdampak pada bertambahnya kursi legislatif.
“Kalau jumlah penduduk sudah memenuhi syarat otomatis jumlah kursi di DPRD Banggai bertambah,” ungkap Komisioner Divisi Teknis KPU Banggai, Teguh Yuwono, Selasa (10/5).
Menurut Teguh, penambahan kursi berimplikasi terhadap penataan kembali Dapil (daerah pilih, dalam hal ini pemekaran. Dijelaskannya, alokasi jumlah kursi di masing-masing dapil adalah minimal 3 dan maksimal 12. Apabila di satu Dapil terjadi kelebihan kursi maka harus di tata kembali.
“Ketika terjadi penambahan kursi di parlemen bisa saja di salah satu Dapil kelebihan perolehan kursi,” terangnya.
Namun, lanjut dia, untuk mengetahui jumlah penduduk Banggai memenuhi syarat atau tidak bukan menjadi gawean KPU. “Perlu disampaikan, soal jumlah penduduk adalah kewenangan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dalam hal ini KPU hanya sebagai pengguna akhir data kependudukan, jadi harus ditunggu dulu data agregatnya,” pungkasnya.(man)

About uman