Home » Ekonomi » Bupati Balut Sorot Pelabuhan Luwuk
Bupati Balut Sorot Pelabuhan Luwuk
Infrastruktur pelabuhan rakyat dianggap tidak layak karena bisa membahayakan calon penumpang.

Bupati Balut Sorot Pelabuhan Luwuk

LUWUK – Bupati Banggai Laut (Balut), Wenny Bukamo menyoroti pelabuhan rakyat di Kota Luwuk. Wenny menilai, sangat tidal layak untuk infrastruktur transportasi antardaerah.
“Kita belum mendapatkan pelayanan yang baik dari pelabuhan yang ada di Luwuk. Kondisinya sangat tidak manusiawi. Kumuh dan masih jauh dari harapan kita,” tegas Wenny, Senin (9/5).
Menurut Wenny, perbaikan infrastruktur pelabuhan akan menguntungkan juga Kabupaten Banggai. Sebab, pelabuhan itu melayani penyeberang hingga ke Maluku Utara. “Mereka juga yang dapat positifnya,” katanya.
Tak hanya persoalan infrastruktur, dari pengaturan tarif pun tidak mengikuti tren harga bahan bakar minyak (BBM). Hal itu diungkapkan, Pegiat Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Cabang Luwuk-Banggai, Adar Lasalimu.
Adar memaparkan, saat ini untuk perjalanan Luwuk-Banggai Laut, tarif yang dipatok masih Rp 120 ribu. Sedangkan untuk Luwuk-Salakan masih tetap Rp 80 ribu. Padahal, harga BBM telah diturunkan per 1 April lalu.
“Sebelumnya dari Luwuk-Banggai Laut Rp 80 ribu. Kemudian Luwuk Salakan Rp 50 ribu. Kalau BBM naik, tarif langsung naik, tetapi kalau turun tidak dikoreksi ulang,” ujar Adar, kemarin (10/5). (ali)

About uman