Home » Metro Luwuk » Anggota TKBM Mengadu ke Dinkop UKM
Anggota TKBM Mengadu ke Dinkop UKM
Sejumlah anggota TKBM Teluk Lalong saat mengadu pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai, Selasa (10/5).

Anggota TKBM Mengadu ke Dinkop UKM

LUWUK– Puluhan anggota Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Teluk Lalong, bertandang di kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Banggai, Selasa (10/5) kemarin.
Bukan tanpa alasan. Kehadiran mereka pada dinas yang dikepalai Hasanuddin Idris itu terkait aksi komplain atas rencana rapat anggota tahunan (RAT) oleh TKBM Teluk Lalong yang tidak melibatkan semua anggota. “Kami keberatan, masa RAT hanya melibatkan sejumlah perwakilan,” keluh anggota TKBM Teluk Lalong, Suroso kemarin.
Berdasarkan ketentuan undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang koperasi pasal 19 jelas Suroso, setiap anggota punya hak dan kewajiban yang sama terhadap koperasi.
Rancunya lanjut Suroso, TKBM Teluk Lalong dalam melaksanakan RAT hanya mengundang beberapa perwakilan anggota. “Di TKBM ada 6 gang. Setiap gangnya hanya diutus 5 orang, sehingga yang hadir pada RAT berjumlah 30 orang. Ini tidak korum. Karena jumlah anggota sebanyak 271 orang,” jelas Suroso.
Bila mengacu pada regulasi koperasi lanjut mantan penjaga gawang Sentral Club ini, idealnya 30 persen dari jumlah anggota. Itu artinya sebanyak 75 orang yang hadir dalam RAT itu.
Apakah terindikasi ada hal-hal tertentu yang sengaja disembunyikan TKBM Teluk Lalong, mengingat dalam RAT salah satu topik yang dibahas adalah menyangkut keuangan? Suroso enggan berspekulasi. “Saya belum masuk ke ranah itu. Sebab nanti dibahas dalam RAT. Makanya kami ingin pada momentum itu tak hanya perwakilan yang diundang,” jelas Suroso.
Kehadiran puluhan anggota TKBM Teluk Lalong itu disambut Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Dinkop UKM Kabupaten Banggai, Abdullah Maoh. Dihadapan para anggota TKBM, Abdullah berjanji akan menyampaikan aspirasi itu kepada pengurus TKBM yang mengeluarkan kebijakan itu. Selain mengakomodir aspirasi, Abdullah juga mengaku, RAT tanpa melibatkan anggota tidak memenuhi syarat. (yan)

About uman