Home » Banggai Laut » Sonit Diamuk Nyamuk
Sonit Diamuk  Nyamuk
Akhmad, S.Pd

Sonit Diamuk Nyamuk

BANGGAI-Serbuan nyamuk melanda desa Sonit kecamatan Bokan Kepulauan. Ribuan nyamuk yang menyerang tergolong nekat dan mampu menembus lapisan baju dan kain yang dikenakan.
Di sekitar dataran pulau Sonit terdapat rawa dengan habitat pohon Mangrove yang cukup rimbun. Daerah ini memang dikenal sebagai sarang nyamuk dan berbagai jenis serangga bersayap yang biasa terdapat di tempat seperti ini. Banyak orang menduga wabah nyamuk berasal dari wilayah tersebut.
Belum diperoleh keterangan jelas mengapa gerombolan nyamuk ini kemudian menyebar ke seluruh pulau, yang pasti hal ini menyebabkan gangguan yang cukup memusingkan bagi aktifitas keseharian warga. Belum lagi jika melihat kemungkinan penyakit sebagai dampak susulan yang ditimbulkannya.
“Sedangkan kami yang so lama di sini kerepotan apalagi orang baru yang belum biasa,” tutur seorang warga Sonit.
Dari beberapa informasi yang masuk, sejumlah warga mulai mengeluhkan adanya bintik-bintik kecil disekujur tubuh. Demilkian pula dengan anak-anak dan Balita. Dikhawatirkan jika kondisi ini lambat ditangani bakal ada keluhan yang lebih serius lagi.
“Kalau bisa petugas dari Dinkes Kabupaten dan BPBD segera memikirkan langkah antisipasi yang bisa dilakukan sebelum keadaannya meningkat ke kondisi darurat bencana,” pinta warga.
Terpisah, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balut, Akhmad, S.Pd menyatakan baru mendengar adanya laporan wabah nyamuk di Sonit. Dihubungi di ruang kerjanya, Jum’at (29/4) pejabat ini mengaku terkejut atas konfirmasi itu.
“Wah, saya baru dengar ini. kenapa Kadesnya tidak melapor,” ujarnya.
Dia meminta kepala desa Sonit tanggap atas keluhan warganya dan membuat surat atau laporan tertulis sehingga pihak BPBD punya dasar menurunkan personil ke wilayah itu.
“Sebaiknya mereka menyurat kemari. Bisa ditujukan ke pak Bupati atau langsung BPBD, nanti dengan dasar itu, saya akan turunkan anggota kesana,” pungkas Akhmad. (Sbt)

About uman