Home » Politik » Soal KTP, Discapil Disoal
Soal KTP, Discapil Disoal
Mursidin

Soal KTP, Discapil Disoal

LUWUK—Anggota Komisi I DPRD Banggai, Mursidin mempertanyakan kinerja Dinas Catatan Sipil (Discapil) terkait pemenuhan KTP (Kartu Tanda Penduduk) kepada masyarakat. Pasalnya, beberapa waktu terakhir tak sedikit warga yang mempertanyakan penyelesaian pembuatan KTP yang sejak berbulan-bulan lalu diurus.
“Discapil harus bekerja profesional. Kalau memang masih ada kendala tolong disampaikan. Kasihan warga yang mengurus harus menunggu berbulan-bulan,” tegas Mursidin akhir pekan lalu.
Keluhan yang kerap disuarakan sejumlah pengurus diantaranya, lambatnya pelayanan petugas, dalam pengurusan ada pula yang mengaku merasa dipersulit serta hanya selalu dijanjikan waktu terbitnya KTP. Apalagi terkait pembuatan e-KTP gratis.
“Ya, memang ada pembuatan KTP gratis. Tapi harus diperjelas dulu apanya yang gratis, sebab jaman sekarang ini sulit mendapatkan pelayan gratis. Hal itu yang harusnya dijelaskan petugas karena masyarakat tahunya sih gratis, berarti tanpa biaya,” ungkap dia.
Jika benar pemerintah mengeluarkan kebijakan KTP gratis tanpa biaya lalu terdapat warga yang mengaku dimintai imbalan, politikus fraksi-PKS ini menduga, terdapat upaya menyimpang yang dilakukan oknum.
“Kami (komisi I,red) sudah pernah mengundang Discapil, tapi keterangan dari mereka dalam pengurusan KTP aman-aman saja. Jadi kami mengimbau, kalau ada masyarakat yang merasa kurang diperhatikan dalam pengurusan KTP laporkan kepada kami,” imbaunya.
Pemerintah, lanjut dia, selalu mengimbau masyarakat supaya melengkapi atau mengurus data kependudukan mereka. Kalau memang serius, SKPD terkait kata dia, harusnya pro aktif dalam melaksanakan tugas. Karena itu, dia berharap beberapa tahun kedepan seluruh masyarakat yang telah bersyarat sudah memiliki kartu tanda pengenal yang sah. “Untuk SKPD terkait supaya jangan mempersulit atau ada upaya menyimpang yang dilakukan,” pungkasnya.(man)

About uman