Home » 2016 » May

Monthly Archives: May 2016

SMPN 1; Semangat yang Tak Pernah Padam

LUWUK – Kepala sekolah SMP Negeri 1 Luwuk, Mohammad Amin, cukup Bangga dengan semua Alumni SMP Negeri 1 Luwuk dari generasi ke generasi. Sekolah yang berdiri pertama kali di Kota Luwuk ini menurutnya telah melahirkan banyak alumni berkualitas. Hal itu dikatakannya pada pelepasan siswa kelas tiga, kemarin (25/5). Sebagai hiburan pembuka, tim FL2SN tingkat provinsi musik tradisional, tampil dengan percaya ... Read More »

Distribusi Guru Belum Merata

LUWUK – Pendistribusian tenaga pengajar di Kabupaten Banggai bukan masalah baru, kondisi tersebut sudah berlangsung lama, seperti yang terjadi di SDN Biak Kecamatan Luwuk Utara. Namun, hingga saat ini kekurangan guru di daerah-daerah belum dapat ditangani Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai, meski para pemgambil kebijakan terus berganti. Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Arslan Lapalanti, menyatakan pihaknya telah menyiapkan ... Read More »

Kecewa Mars Untika Dilupakan

LUWUK-Agenda pelaksanaan pelantikan Rektor Universitas Tompotika (Untika), Selasa (24/5) lalu, menimbulkan kekecewaan tersendiri di kubu mahasiswa. Meski mahasiswa mengapresiasi pelantikan yang berjalan sakral dan tanpa hambatan itu, dilain pihak mahasiswa mengkritik koordinator pelaksana pelantikan yang dinilai telah melupakan lagu keramat Untika (Mars Untika,red). Padahal dalam agenda apapun itu, terlebih dahulu diawali dengan membawakan lagu Mars Untika sebagai bentuk kebanggaan civitas ... Read More »

Lampu Kantor Bupati Ancam Keselamatan

LUWUK SELATAN-Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pengunjung yang kerap berlalulalang di kantor Bupati meski berhati-hati. Pasalnya, sebuah lampu yang terpasang di ruang utama telah rusak, dan jika diperhatikan sudah nyaris jatuh. “Bisa membahayakan jika ada yang melintasi dibawah,” tutur Irfan warga Luwuk, Selasa (24/5). Ia berharap adanya perhatian dari pihak terkait akan kondisi lampu yang sudah sangat berbahaya tersebut. “Kalau ... Read More »

Lurah Minta SKPD Harus Koordinasi

LUWUK UTARA-Dinas Perumahan dan Tataruang (Petarung) diminta untuk melakukan koordinasi dengan pihak aparat kelurahan sebelum menempatkan kontener sampah di wilayah. Terjadinya miskomunikasi antara warga dan SKPD terkait lokasi penempatan kontener itu salah satunya akibat SKPD langsung menempatkan kontener sampah. “Padahal, belum tentu lokasi penempatan kontener itu membuat nyaman warga dan sesuai kebutuhan warga. Kami juga belum pernah dihubungi untuk penempatan ... Read More »

Bupati Sebut Lengkap Para Undangan

LUWUK– Bupati Banggai, Sofhian Mile tak mau ada yang kecewa disaat peresmian Graha Dongkalan, Rabu (25/5) kemarin. Disaat opening sambutan lisannya, Sofhian menyebut lengkap para undangan yang hadir. Pejabat Forkopimda pertama yang diucap Sofhian adalah Kapolres Banggai, AKBP Jamaludin Farti. Tak sekedar menyebut karena Jamaludin hadir. Namun Sofhian turut memberi apresiasi atas peran Polres Banggai. “Saya beri apresiasi buat Kapolres. ... Read More »

Jalan Rusak Pusat Kota Ditangani Darurat

LUWUK– Perasaan dilematis Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Banggai, akhirnya terjawab. Dalam menangani ruas jalan nasional dalam kota Luwuk yang mengalami kerusakan, instansi teknis itu menggunakan konsep penanganan darurat. Kabid Binamarga Dinas PU Kabupaten Banggai, Hasbullah yang ditemui pada acara peresmian Graha Dongkalan, Rabu (25/5) kemarin mengatakan, sehari setelah pertemuan bersama Komisi 2 DPRD Banggai beserta perwakilan mahasiswa, pihaknya langsung ... Read More »

“Dipakai Alhamdulillah, Tidak Dipakai tak Apa-Apa”

LUWUK– Protokol Pemda Banggai, Basri menepis sejumlah persepsi tak sedap yang dialamatkan padanya. Ditemui disela-sela peresmian Graha Dongkalan Rabu (25/5) kemarin, Basri juga terlihat istiqomah atas berbagai spekulasi terkait karirnya pada pemerintahan baru mendatang. Hal yang pertama yang disanggahnya, yakni tudingan bahwa tidak meyakini terpilihnya Herwin Yatim dan Mustar Labolo sebagai bupati dan wakil bupati Banggai. Bagi Basri asumsi itu ... Read More »

Calon Harus Didukung 3 PK dan 6 OKP

LUWUK– Pelaksanaan Musda KNPI Kabupaten Banggai belum diketahui jadwalnya. Meski begitu, syarat kandidat untuk bisa menjadi calon sudah terpublis lebih awal. Berhak untuk dipilih pada momentum tiga tahunan itu, apabila calon mendapat rekemondasi minimal 3 pengurus kecamatan (PK) dan minimal 6 organisasi kepemudaan (OKP). “Aturan itu sebagaimana dirumuskan saat Kongres KNPI di Papua, belum lama ini. Dan tentu saja bakal ... Read More »

Rinto Tinggal Menunggu SK Golkar

LUWUK– Keluar dari DPD PAN Kabupaten Banggai, bukan berarti Rinto Alimun tak lagi berkiprah di dunia politik. Kedepan, mantan caleg DPRD Sulteng pada pileg 2014 ini, bakal secara resmi bergabung dengan Partai Golkar. Dia tinggal menunggu legalitas formal dalam bentuk surat keputusan (SK). Ditemui disela-sela kegiatan peresmian Graha Dongkalan, Rabu (25/5) kemarin, Rinto berujar, sinyal Golkar cukup kencang untuk menerimanya ... Read More »