Home » Banggai Laut » Bupati Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten
Bupati Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten
Badumpayan mendapat giliran penilaian di hari ketiga kegiatan lomba desa tingkat kabupaten Banggai Laut. Bupati berharap kegiatan ini bisa menghidupkan kembali sikap gotong-royong di tengah warga.

Bupati Buka Lomba Desa Tingkat Kabupaten

BANGGAI-Bupati Balut, Drs.H.Wenny Bukamo membuka kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten. Bergilir di 7 kecamatan, dimulai dari desa Kalupapi kecamatan Bangkurung, Minggu(24/4).
Rombongan sempat bermalam hingga Senin karena Bupati menjadwalkan kunjungan perdana itu dirangkai sekaligus dengan penilaian untuk kecamatan Bokan Kepulauan.
Setiba di Banggai, tim penilai pada Selasa (26/04) langsung melanjutkan kunjungannya ke desa Badumpayan yang menjadi utusan kecamatan Banggai tengah.
Dari jadwal yang diperoleh, penilaian lomba desa tingkat kabupaten Banggai Laut akan digelar marathon selama 6 hari hingga Sabtu nanti.
Di desa Badumpayan, Bupati Wenny Bukamo dalam sambutannya menyatakan, salah satu tujuan dilaksanakannya lomba desa adalah untuk menghidupkan kembali budaya gotong-royong dan sikap kesetiawanan sosial di masyarakat.
“Hal ini jangan hanya jadi formalitas. Saya harapkan sikap gotong-royong bisa wujud dalam keseharian kehidupan kita semua,” tuturnya.
Bupati sempat pula menyentil tentang fenomena dana desa. Sejak ada ADD kata dia, Kepala Desa mulai jadi pusat perhatian warga yang kadang-kadang sudah tidak objektif lagi dalam memberikan penilaian.
Wenny memberi contoh dengan mengisahkan seorang Kades yang sudah kumpul uang sedikit demi sedikit selama setahun yang niatnya untuk beli Sepeda Motor. Setelah uangnya terkumpul, Kades langsung ke dealer dan menunaikan niatnya tersebut. Saat itu lanjut Bupati, kebetulan dana desa sudah cair. Melihat Kades punya motor baru, warga lantas beranggapan bahwa Kadesnya sudah memakai dana desa untuk beli Motor.
“Ini kan tidak perlu terjadi. Intinya harus dibangun komunikasi yang sehat dan terbuka antara masyarakat dan pemerintah, sehingga hal-hal seperti ini bisa dihindari,” harapnya.
Meski diguyur hujan deras, kegiatan berlangsung meriah dan diikuti seluruh warga dengan antusias. Pada siang hari itu juga sekira pukul 14.00 waktu setempat, rute penilaian dilanjutkan ke kecamatan Banggai Selatan. (Sbt)

About uman