Home » Banggai Laut » Badumpayan Bakal Kembangkan Sektor Pertanian
Badumpayan Bakal Kembangkan Sektor Pertanian
sambut antusias kegiatan penilaian lomba desa di wilayahnya. Dengan struktur tanah yang cukup subur, Kades berencana membuka lahan pertanian baru bagi warga setempat.

Badumpayan Bakal Kembangkan Sektor Pertanian

BANGGAI – Desa Badumpayan yang menjadi utusan Kecamatan Banggai Tengah pada lomba desa tingkat Kabupaten tahun 2016 ini, sebenarnya masih baru. Desa yang berpenduduk 127 KK ini sebelumnya adalah salah satu dusun dalam wilayah administratif desa Bentean. Baru beberapa tahun ini statusnya ditingkatkan menjadi desa.
Kepala desa Badumpayan, Samin S. Mulungan mengatakan potensi yang cukup menonjol di desanya adalah potensi perkebunan di antaranya perkebunan kelapa dan cengkeh. Setiap tahunnya menurut Samin, hasil Kelapa Badumpayan meencapai 80 ton sedangkan untuk produksi cengkeh bisa sampai 40 ton pertahun.
Diwawancarai disela kegiatan, Samin menceritakan berbagai hal terkait profil desanya. Menurut dia, asal usul nama Badumpayan adalah karena adanya suatu danau musiman yang terdapat di daerah itu. Danau ini cukup luas, lebarnya sekira 450 meter dengan panjang mencapai kurang lebih 2 kilometer.
“Kalu musim panas danau ini bisa kering sama sekali sehingga warga jadikan tempat ba lepas Sapi. Tapi kalu hujan, kedalaman airnya bisa sampe 5 atau 6 meter,” terangnya.
Di zaman lampau lanjut Samin, tetua Desanya konon menabur benih ikan Gabus di sekitar danau. Ikan Gabus yang dalam bahasa setempat dinamakan Dumpaya itu berkembang dengan baik dan menjadi salah satu penunjang hidup warga. Istilah Badumpaya yang artinya mencari ikan Gabus kemudian melekat sebagai nama wilayah tersebut yang terus berkembang dan dikenal hingga sekarang sebagai desa Badumpayan.
“Melihat perkembangan sekarang, kami ada rencana mo alih fungsikan lahan tersebut menjadi areal persawahan. Kalu ini terwujud berarti ada kurang lebih 100 hektar potensi lahan pertanian kami yang siap dimanfaatkan,” tuturnya. (Sbt)

About uman