Home » Kampus » Sukirlan Tantang Musdar
Sukirlan Tantang Musdar
Sukirlan Sandagang

Sukirlan Tantang Musdar

LUWUK-Wakil Rektor (WR) III Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Sukirlan Sandagang, dengan tegas menentang Musdar Amin, sebagai Rektor Untika melalui Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2016-2020 mendatang.
Meski diakuinya, Musdar Amin, adalah salah satu kandidat terkuat di bursa calon rektor karena telah  mendapat dukungan penuh dari seluruh dekan fakultas, Sukirlan, tetap ngotot agar Musdar Amin tidak sampai terpilih sebagai Rektor Untika.
Menurutnya, Untika akan semakin tertinggal dari beberapa perguruan tinggi lain yang ada di Kabupaten Banggai jika Musdar Amin, resmi menduduki jabatan tertinggi di Kampus Biru itu. Bagaimana tidak, seluruh perguruan tinggi di Indonesia saat ini, baik pusat, provinsi, atau pun daerah, telah berbondong-bondong mengangkat kualitas kampus melalui jenjang pendidikan yang dimiliki seorang rektor. “Jelas ini adalah kemunduran Untika. Di luar daerah saja, sudah banyak rektor yang gelar pendidikannya itu doktor bahkan profesor.  Seharusnya, dengan melihat kondisi saat ini, seluruh pihak terkait memikirkan hal yang lebih maju,” ungkapnya, Kamis (21/4).
Hal yang lebih maju, tambah Sukirlan, adalah dengan memilih calon rektor yang memiliki kualitas. Khususnya dari segi jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan doktor sebagai seorang rektor merupakan peningkatan kualitas yang harus ditunjukan Untika agar mampu bersaing dengan universitas lain. Terlebih, hal itu akan sangat membantu peningkatan akreditas universitas. “Untuk peningkatan akreditas universitas, terlebih dahulu dan yang paling diutamakan adalah jenjang pendidikan seorang rektor. Jadi, hal itu sangat amat berpengaruh,” pungkasnya. (tr-35)

About uman