Home » Politik » Berkoalisi, PDIP Lirik Golkar dan PAN
Berkoalisi, PDIP Lirik  Golkar dan PAN
Dudy Hariyanto Usuman

Berkoalisi, PDIP Lirik Golkar dan PAN

LUWUK—Di Pilkada serentak gelombang ke dua Februari 2017 mendatang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak ingin melewatkan momentum akbar tersebut. Salah satu langkah yang dilakukan partai kepala banteng moncong putih adalah mendorong kadernya sebagai bakal calon kepala daerah (balonkada), seperti yang terlihat di Pilkada Banggai Kepulauan (Bangkep).
Hingga berakhirnya tahap fit and proper test, DPC PDIP Bangkep memastikan medorong Wakil Ketua DPD PDIP Sulawesi Tengah (Sulteng), Dudy Hariyanto Usuman sebagai balon wakil bupati. Dudy yang dikonfirmasi, Rabu (20/4) mengaku siap menghadapi pertarungan nanti.
“Siap, sangat siap,” tegas dia.
Dikatakannya, tekad berlaga di kompetisi Pilkada merupakan dorongan dari berbagai pihak, baik secara pribadi maupun diinternal organisasi. Namun, untuk memastikan pencalonannya, Dudy menyadari, di Bangkep PDIP masih membutuhkan tambahan satu kursi untuk mengusung pasangan balonkada.
“Makanya kami memilih duduk di posisi balonwabup dulu. Dengan kondisi itu maka PDIP harus menunggu dilamar balonbup dari parpol lain,” katanya.
Terkait itu, PDIP lanjut dia menghargai keberadaan dua parpol besar di tanah Peling yang bersyarat mengusung tanpa koalisi, yakni Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN). Sejauh ini, wacana yang berkembang Golkar kukuh akan mengusung pimpinan partai Lania Laosa, sedangkan PAN juga akan mengusung kadernya, Irianto Malingong.
“Kita ikuti saja dulu perkembangan, siap koalisi PDIP nantinya, Golkar atau PAN? Lania atau Irianto? Mungkin arahnya akan berputar disekitar itu,” terang Dudy.
Yang pasti kata dia, PDIP tak mengenal istila alergi dalam membentuk koalisi kepada parpol atau kandidat yang berkomitmen membangun daerah dan bekerja untuk kepentingan rakyat. Itu yang kemudian menjadi sikap PDIP dalam merebut kemenangan di Pilkada nanti.(man)

About uman